5 Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Irwansolution.com – Saat ini trend wirausaha sedang naik daun di tengah masyarakat kita. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah yang terus berusaha mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru sebagai motor pendorong perekonomian. Setidaknya butuh 4 persen dari seluruh jumlah penduduk suatu negara yang bergerak dalam bidang wirausaha agar suatu negara bisa maju perekonomiannya. Kalau kita perhatikan banyak wirausaha baru yang muncul saat ini berskala usaha kecil menengah (UKM) atau yang sekarang sering diplesetkan menjadi Usaha Kecil Milyaran. Singkatan tersebut bukan sekedar lelucon tetapi memang fakta yang terjadi pada pelaku bisnis yang mempunyai penghasilan sangat menggiurkan. Peluang usaha ini muncul salah satunya karena penggunaan internet dalam bisnis yang bisa menghemat biaya dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Ketika memulai membuka usaha, banyak dari calon pengusaha yang menjadikan modal sebagai penghambat karena merasa tidak memiliki modal yang cukup. Padahal sebenarnya, untuk menjalankan usaha bukanlah modal materi yang terpenting akan tetapi modal non-materi seperti tekad yang kuat dan kerja keras. Saat tekad kita sudah kuat untuk memulai usaha, maka dengan sendirinya jalan akan terbuka dan pikiran kita akan berpikir keras untuk mencari solusi agara usaha bisa tetap berjalan dengan modal kecil. Menjalankan usaha dengan modal kecil bisa dilakukan dengan memangkas biaya sewa tempat dan biaya promosi. Untuk biaya tempat, kita bisa menggunkan rumah kita sendiri sebagai tempat usaha. Sedangkan untuk biaya promosi, kita bisa menghemat pengeluaran dengan promosi melalui internet.

Artikel ini akan membahas 5 jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Bukan berarti peluang usaha dengan modal kecil adalah usaha tanpa modal ya. Tetap yang namanya modal materi dibutuhkan dalam suatu bisnis apapun jenisnya. Yang akan kita bahas di sini adalah peluang usaha dengan modal kecil tetapi dengan hasil yang menggiurkan. Sudah tidak sabar kan ingin tahu bisnis apa saja itu, mari kita simak bersama.

Ada banyak peluang usaha yang bisa kita kerjakan di rumah. Hal ini tentu akan menghemat biaya untuk sewa tempat usaha. Beberapa orang lebih senang bekerja di rumah dengan alasan bisa tetap berkumpul dan bertemu dengan keluarga serta mengawasi anak-anak. Yang perlu diperhatikan adalah potensi pasar yang ada di sekitar rumah kita. Harus pandai melihat peluang kira-kira apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, jangan sampai kita membuka usaha yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal. Berikut ini adalah peluang usaha rumahan dengan modal kecil :

1. Usaha Kuliner

Usaha makanan merupakan salah satu dari tiga bidang usaha yang tidak akan pernah mati atau usaha yang potensial sepanjang zaman karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia selain sandang (pakaian) dan papan (properti). Berikut ini adalah peluang usaha kuliner yang bisa anda lakukan di rumah dengan modal kecil :

1.a. Usaha Warung Makan
Anda memiliki keterampilan memasak? Jika iya, maka membuka usaha warung makan merupakan pilihan tepat. Tidak perlu syarat yang rumit membuka usaha ini, cukup keterampilan anda membuat hidangan yang enak, maka dijamin warung makan anda akan laris- manis. Anda bisa menggunakan rumah bagian depan atau samping untuk didesain menjadi warung makan. Usaha ini akan mempunyai omzet berkali lipat jika rumah anda berada di area kos- kosan. Di kawasan ini, sebagian besar penduduknya tidak memasak sendiri, tapi lebih suka membeli dan makan di warung makan.

1.b. Usaha Kue
Masyarakat kita mempunyai hobi ngemil di luar jam makan utama. Nah hobi ngemil ini bisa menjadi peluang bagi kita menjual aneka kue. Kue yang dijual bisa berupa kue kering atau kue basah. Bisa juga kue tradisonal maupun yang modern. Yang terpenting adalah cita rasa kue yang anda hasilkan mampu menggoyang lidah konsumen. Cara menjualnya cukup mudah, anda bisa menitipkannya di warung-warung kelontong, dan promosi ke teman dan kerabat. Apabila rumah anda berada di lokasi strategis, anda bisa meletakkan etalase di depan rumah anda sebagai display kue anda. Dan yang pasti usaha ini tidak membutuhkan banyak modal.

1.c. Usaha Jus Buah
Siapa yang tidak suka makan buah, atau meminumnya dalam bentuk jus? Ehm.. sepertinya hampir semua orang menyukai minum jus, ditambah lagi dengan segudang manfaat yang terkandung di dalamnya. Membuka usaha jus buah di rumah adalah salah satu bisnis simple yang bisa dilakukan di rumah. Peralatan dan bahan yang diperlukannya pun sangat sederhana. Meskipun bisnis ini simple, tapi jangan salah keuntungan yang didapat cukup menggiurkan. Saya mempunyai teman yang bisnisnya hanya jualan jus buah ini dan penghasilannya per bulan melampau gaji PNS. Prinsipnya dalam berbisnis cukup simple, dia punya banyak gerobak jus buah. Jika 1 gerobak mandapatkan keuntungan 50.000 per hari, maka jika dia ingin berpenghasilan 500.000 per hari, cukup dengan menambah gerobak jus buahnya sebanyak 10 gerobak.

2. Usaha Laundry Pakaian

Usaha ini sangat cocok jika lokasi tempat tinggal anda berada di wilayah kampus dan kos-kosan mahasiswa atau pegawai kantor. Usaha ini akan selalu rame karena orang yang membutuhkan jasa laundry selalu ada dan banyak. Kebanyakan mereka yang melaundry-kan pakaiannya tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Semakin hari, pengguna jasa laundry akan semakin banyak karena biaya yang ditawarkan oleh jasa laundy cukup murah serta hasil yang diberikan lebih bagus dibanding jika dilakukan sendiri oleh konsumen.

Saat ini sudah ada beberapa usaha waralaba laundry dengan brand terkenal. Jika anda memiliki cukup modal, anda bisa langsung mempunyai usaha laundry dengan membeli salah satu waralaba laundry. Akan tetapi, jika modal menjadi kendala bagi anda, maka memulai usaha laundry sendiri dari nol adalah pilihan yang tepat. Di usaha ini juga tidak perlu manajemen yang rumit. Cara kerjanya simple hanya memberikan pelayanan mencuci dan menyetrika terbaik, maka sudah bisa berjalan dan pastinya bisa dikerjakan di rumah.

3. Usaha Bimbingan Belajar

Sekarang ini banyak orang tua yang khawatir dengan prestasi akademik putra putrinya. Apalagi dengan adanya Ujian Nasional yang diadakan pemerintah, semakin membuat para orang tua ketar-ketir kalau sampai anaknya tidak lulus ujian. Akhirnya berbagai macam cara dilakukan para orang tua agar anaknya memahami materi sekolah seperti menyuruh anaknya mengikuti Bimbingan khusus mata pelajaran yang menjadi kelemahan sang anak.

Tentu saja hal ini merupakan peluang usaha yang bisa anda ambil dengan membuka Bimbingan Belajar. Berbekal ilmu dan pengetahuan yang anda miliki, anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Usaha ini nyaris tanpa modal, hanya sedikit keluar modal untuk membeli modul tambahan jika belum punya, dan jika usaha anda sudah berkembang, anda bisa merekrut tenaga pengajar untuk membantu usaha anda.

Tidak hanya mata pelajaran sekolah yang bisa anda ajarkan, tetapi bisa juga tentang keahlian khusus anda. Misalkan anda ahli bermain piano bisa membuka les piano, les bermain gitar, les menjahit, les make money online, dan masih banyak lagi, sesuai dengan keahlian anda masing-masing. Keunggulan usaha ini, anda bisa menyalurkan hobi dan keahlian dengan tetap memberikan penghasilan bagi anda.

4. Usaha Pangkas Rambut

Selama rambut kepala manusia tidak berhenti tumbuh, maka usaha pangkas rambut ini akan selalu dicari orang. Beberapa menganggap remeh usaha ini karena tidak tahu betapa gurihnya pendapatan yang dihasilkan. Dan yang pastinya modal usaha untuk memulai usaha ini sangat kecil. Untuk tempat, memakai rumah sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Untuk peralatan mencukur lengkap standar membutuhkan biaya sekitar 1 jutaan. misal per kepala dihargai 10 ribu saja, dan rata-rata per hari memangkas rambut 10 orang, maka pendapatan per bulan mencapai 3 juta. Hanya dalam waktu 1 bulan usaha ini sudah mencapai BEP bahkan masih mendapat sisa keuntungan. Menarik bukan? Kira-kira ada tidak ya usaha lain yang BEP dalam waktu sebulan?

5. Usaha Jasa Penitipan Anak

Usaha Jasa Penitipan anak sangat potensial dijalankan di zaman modern saat ini terutama di perkotaan. Kesibukan kerja yaang terjadi setiap hari membuat para orang tua terpaksa meninggalkan putra- putri yang mereka sayangi dan sebagai gantinya mereka menitipkan anak-anak yang masih bayi dan balita di tempat penitipan anak. Mengapa para orang tua mau membayar mahal untuk hal tersebut ? karena orang tua hanya ingin anaknya bersama orang yang benar-benar berpengalaman sehingga akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang sang anak.

Hal yang harus anda persipakan di bisnis ini adalah sarana operasional yang memadai agar anak-anak bisa bermain dan belajar dengan baik. Yang kedua adalah pengetahuan tentang cara mengasuh anak yang baik dan benar. Anda bisa belajar dari yang lebih ahli atau bisa juga mempekerjakan orang yang sudah ahli dalam hal mengasuh anak. Untuk tempat anda bisa menggunakan bagian dari rumah anda dengan menyesuaikannya atau mendokorasi ulang agar anak-anak nyaman bermain.

Cara berpromosinya cukup mudah yaitu dari mulut ke mulut. Mulailah dari tetangga sekitar rumah anda. Karena ini adalah bisnis kepercayaan, maka berikanlah pelayanan terbaik agar usaha anda segera cepat menyebar dan ramai.

Demikian 5 jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa saya sajikan. Usaha dengan modal kecil tidak berarti juga berpenghasilan kecil. Bahkan sudah banyak yang membuktikan dengan menekuni usaha-usaha yang dijelaskan di atas, mempunyai penghasilan bersih puluhan juta, ratusan juta, bahkan milyaran rupiah per bulan. Semuanya tergantung diri anda, seberapa besar tekad, usaha, dan kerja keras anda menjalankan usaha tersebut. Modal utamanya adalah niat dan bersungguh sungguh, karena ”Hasil tidak akan pernah menghianati dari suatu proses”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s