Berani Berubah, Berani Ambil Resiko dari Sekarang

Irwansolution.com – Salah satu petikan kalimat dalam buku “Unlimited Wealth” by Bong Chandra. Orang yang berani mengambil resiko adalah orang yang berani untuk sukses. Orang yang berani mengambil resiko memiliki dua kemungkinan yaitu gagal dan sukses. Orang yang tidak berani mengambil resiko hanya memiliki satu kemungkinan yaitu kegagalan itu sendiri.

Perubahan adalah hal yang pasti terjadi. Perkembangan dan kemajuan jaman ditentukan oleh perubahan itu sendiri. Perubahan melahirkan cara yang berbeda ditiap jamannya. Orang yang menginginkan kesuksesan maka ia akan menaklukkan perubahan dengan perubahan dalam dirinya. Orang yang tidak berani mengambil resiko untuk berubah maka ia akan tertinggal oleh perubahan jaman. Dinosaurus bukan hewan yang lemah namun, dinosaurus tidak mampu beradaptasi dengan perubahan jaman maka ia pun menjadi punah.

Tentunya kita sering menganggap bahwa diri kita kuat dan hebat sekarang. Namun jangan lengah oleh perubahan waktu. Ketika kita lengah untuk berubah maka kita akan menjadi dinosaurus. Kita harus belajar beradaptasi dengan jaman kita. Jangan menggunakan cara lama untuk menghadapi hal baru. Belajarlah dari air yang mampu beradaptasi ditempatkan dimanapun dalam temperatur berapapun. Air mampu berubah bentuk sesuai wadahnya, bahkan ia mampu berubah wujud tergantung lingkungannya berada.

Kadangkala kita tidak berani berubah karena kita telah merasa aman dalam zona nyaman kita. Kita memiliki apapun yang kita perlukan dalam zona nyaman kita. Kita tidak ingin perubahan terjadi. Padahal jaman terus berubah, situasi semakin kompetitif. Jika kita tidak berani berubah dan mengambil resiko maka zona nyaman kita akan tergusur oleh keadaan. Tentu ini sangat tidak kita harapkan bukan? Pada dasarnya sesuatu yang kita inginkan tidaklah jauh. Sesuatu itu hanya berada sedikit diluar zona nyaman kita. Cobalah sedikit keluar dari zona nyaman dan temukan apa yang anda cari.

Ada tiga langkah yang dibagikan oleh Bong Chandra agar kita berani keluar dari zona nyaman. Pertama, ubah pikiran anda. Segala sesuatu diciptakan dua kali yaitu ciptaan mental dan ciptaan fisik. Sebelum diciptakan fisiknya seorang arsitek akan menciptakan dari bayangan dan imajinasinya, ini yang disebut ciptaan mental. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Ubah pikiran masa lalu anda yang negatif menjadi pikiran masa depan anda yang positif.

Kedua, ubah lingkungan anda. Diri kita tergantung pada lingkungan diri kita berada. Jika kita berada dalam label lingkungan yang berkualitas maka label kita adalah berkualitas. Begitu pula sebaliknya jika kita berada dalam lingkungan pemalasa maka label diri kita adalah pemalas. Maka mulai saat ini ubahlah lingkungan anda. Ubahlah menjadi lingkungan yang sesuai dengan perubahan yang anda inginkan. Jika anda ingin menjadi pengusaha sukses maka perbanyaklah berkumpul dengan lingkungan pengusaha yang sukses. Jalinlah relasi sebanyak-banyaknya dan lakukan perubahan dalam diri anda.

Ketiga, ubah tindakan anda. Jika anda ingin memperoleh hasil yang berbeda maka lakukan dengan cara yang berbeda. Jika selama ini anda gagal maka ubahlah tindakan anda untuk keberhasilan. Mengubah pikiran dan lingkungan jika tidak diikuti oleh perubahan tindakan maka hasilnya akan nihil. Maka ubahlah tindakan anda menjadi lebih positif dan produktif mulai sekarang. Selamat mencoba dan ambillah resiko perubahan untuk meraih kesuksesan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s