Cara Mengatasi Rasa Takut akan Kegagalan

Irwansolution.com – Sukses sekilas sebuah kata yang sangat sederhana tapi semua orang ramai-ramai memperebutkannya. Sukses merupakan karir impian siapa saja, ada yang berhasil meraihnya namun tidak tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Gagal meraih apa yang telah di impikan tentu merupakan sebuah hal yang sangat ditakutkan oleh para pekerja maupun pengusaha.

Gagal dalam arti yang luas bisa diartikan sebagai ketakutan yang bisa mengancam nyawa, mengancam kesempatan, merusak pencitraan dan lain sebagainya. Takut gagal memang bisa diartikan banyak macam tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Misalnya, seorang pelamar kerja harus menajalani tahap wawancara kerja terlebih dulu, nah saat seperti inilah mereka mengalami ketakutan jika gagal. Karena jika mereka gagal artinya mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkari di perusahaan yang ia lamar. Apapun arti kegagalan, satu hal pasti yang harus Anda lakukan yaitu mengatasinya.

Nah, untuk membantu Anda mengatasi rasa takut Anda akan fakta menakutkan dari sebuah kegagalan, berikut ini beberapa cara bermanfaat untuk Anda coba.

Pahami dengan Baik Arti Kegagalan

Kegagalan merupakan hal yang paling ditakuti oleh setiap manusia, tapi harus Anda sadari jika kegagalan itu sebenarnya tidak bisa terlepas dari kehidupan kita. Tengok saja para ilmuan terkenal, saat mereka melakukan eksperimen tentu mereka pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya berhasil menemukan sebuah metode atau ramuan khusus yang membuat eksperimennya berhasil. Gagal sebenarnya bukanlah sebuah hal yang patut Anda takuti karena di tahap itulah kita bisa belajar untuk mengetahui hal yang benar. Lagi pula tidak ada satu hal pun yang bisa dikatakan benar jika tidak ada pembandingnya. Contoh lainnya, coba Anda tanyakan pada para pengusaha yang sukses, apakah mereka tidak pernah gagal?

Jangan takut saat Anda gagal mengerjakan sesuatu, tapi jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran dan jangan pernah mengulanginya. Jangan membuat kegagalan Anda justru membuat rasa takut Anda semakin besar, percayalah saat rasa takut Anda membesar dan terus membesar maka ketakutan tersebut akan membawa Anda berada diambang kehancuran.

Belajar dari Orang Lain

Takut akan kegagalan biasanya muncul karena kita belum pernah mengalami atau merasakannya secara langsung, atau istilah yang boleh dikatakan adalah saat Anda masih menjadi seorang pemula. Tanpa pengalaman yang banyak kebanyakan orang memang biasanya ragu bahkan takut untuk memulainya. Tenang, Anda tidak perlu bingung untuk menghadapi kondisi seperti ini karena untuk mengatasi ketakutan yang Anda rasakan, Anda hanya perlu belajar dari pengalaman orang lain. Caranya? Cari tahu semua aspek tentang bidang yang akan Anda geluti, pahami semua hal termasuk cara-cara untuk menghadapinya. Pengalaman orang lain akan membantu Anda menatap masa depan yang lebih baik karena mereka sudah lebih dulu merasakan dan mereka tentunya tahu mengatasinya. Sebagai tambahan, saat Anda takut maka sebaiknya Anda mencari sebuah dukungan dari keluarga atau orang terdekat Anda.

Mungkin Anda sering mendengar “kegagalan adalah sukses yang tertunda”, jika Anda bisa pahami lebih lanjut dari kalimat tersebut bahwasanya kita haruslah belajar dari suatu kegagalan agar tidak terulang kembali dengan kesalahan yang sama. Percayalah, kegagalan sesungguhnya adalah ketika kita menolak untuk bangkit kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s