Membangun Hubungan Bisnis yang Baik dengan Rekanan

Irwansolution.com – Dalam membangun bisnis yang baik dan tahan lama diperlukan adanya kemauan dan kemampuan (skill yang perlu dilatih). Kemauan bekerja keras dan kemampuan dalam mengembangkan bisnisnya. Sering terjadi kekeliruan dalam hal ini, yaitu hilangnya kemauan dan kemampuan untuk bekerjasama dalam tim ataupun rekan bisnis. Yang terpenting dalam team adalah kemauan untuk saling mendengar, karena itulah, kemampuan mendengarkan menjadi skill yang sangat dibutuhkan dalam semua bentuk hubungan kerja ataupun bisnis.

Membangun hubungan bisnis yang kuat dan tahan lama memberikan gambaran kepada kita untuk saling menghormati sesama rekan bisnis, mulai dari percakapan, tindakan atapun perilaku. Pebisnis yang mempunyai nilai efektif dan efisien selalu menghormati apa yang ada pada rekan bisnisnya. Dibawah ini kita akan mengulas bagaimana kita dalam membangun hubungan dengan rekan bisnis kita sehingga dapat menjadi bisnis yang efektif dan efisien sesuai apa yang direncanakan awal, jadi intinya disini kita membahas tentang skill atau keahlian dalam bersikap, ada beberapa sikap yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Selalu bersikap ramah dan beri dukungan pada rekan kerja.
Tutur sapa yang indah akan memberikan kenyamanan dalam berhubungan dengan rekan bisnis. Bersikap ramah bukan berarti harus merendah akan tetapi empati terhadap sekitar yang penting. Murah senyum adalah jawaban dari seorang yang sudah empati terhadap sekitar, khususnya para leader/pemimpin. Hal demikian bukan berarti mengenyampingkan dukungan dari masing-masing pihak, bisa dari atasan ke bawahan atau dari bawahan ke atasan. Seperti dalam ilmu biologi dikatakan simbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan antara pihak satu dengan yang lainnya. Tidak hanya ini yang penting dalam membangun hubungan bisnis, akan tetapi harus tanggung jawab atas apa yang kita lakukan.

2. Bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan.
Apabila kita berjanji untuk melakukannya, maka kita harus melakukannya. Jika hal ini kita merasa tidak sanggup mengerjakannya maka kita harus mengkomunikasikan dengan rekan kerja kita, guna tercapainya tujuan yang kita rencanakan sejak awal sehingga hubungan bisnis akan bertahan lama.

3. Saling menghargai rekan kerja.
Dengan cara apapun kita menghargai rekan kita yang terpenting adalah tidak ada yang terganggu dengan sikap kita. Saling menghargai rekan kerja sangat berperan dalam membangun hubungan bisnis. Menghargai disini bisa berarti dengan tulisan, gagasan ataupun perbuatan. Menghargai dengan gagasan, menghargai gagasan rekan bisnis dengan mendengar aktif, mendengar aktif berarti tidak memenggal gagasan yang sedang diutarakan oleh rekan bisnis dengan gagasan/ ide kita, walaupun ide kita lebih cemerlang (menurut pemahaman kita sendiri) dari yang diutarakan oleh rekan bisnis kita. Menghargai dengan perbuatan, bersikap ramah dengan rekan dan tidak angkuh dalam bersikap.

4. Selalu mengambil sisi positif
Pahami bahwa setiap orang adalah unik dan lebih baik lihat sisi positif mereka, ketimbang negatifnya.
Bergaul dengan seseorang memerlukan kejelian dalam memilih, memilih teman yang bisa membuat kita semakin maju, semakin berkembang, dan semakin baik dari yang kemarin khususnya dalam hal berbisnis. Bisa kita bergaul dengan rekan yang kurang bisa menguntungkan bagi kita untuk memajukan apa yang kita emban, akan tetapi kita harus dapat membagi waktu sedemikian rupa sehingga waktu kita tidak terkuras dengan bergaul dengan rekan bisnis yang demikian, dan juga kita harus bisa melihat hal yang positif dalam negatif rekan kita, anggaplah banyak hal yang akan kita dapatkan jika kita bergul dengan rekan yang demikian. jika kita sudah merasa positif thingking teradap semua orang, maka kita tidak akan menemukan yang namanya kejenuhan, dan yang ada adalah bagaimana kita bisa memafaatkan rekan yang demikian bisa menjadi positif bagi kita dan bisnis yang dijalankan bersama.

5. Jaga komunikasi yang baik.
Menjaga komunikasi yang baik berarti tidak malu bertanya, tidak ragu berpendapat dan apa yang akan kita lakukan tidak menjadikan kendala bagi kita tapi menjadikan kita semakin semangat untuk mengembangkn diri. Anggaplah rekaan bisnis segalanya buat kita, jadi tidak ada yang namanya canggung dan tidak mengenyampingkan yang namanya menghormati. Hormat dalam segalanya. Dengan ini pribadi kita akan mencerminkan pribadi yang aktif yang selalu menjaga komunikasi yang baik dengan rekan bisnis kita ataupun orang lain.

dari 5 poin tentang bagaimana membangun hubungan bisnis yang baik dan tahan lama intinya adalah tetap menjaga sebaik dan seimbang mungkin sikap dan cara berfikir kita terhadap rekan bisnis, karena dengan begitu anda dan rekan bisnis akan menjadi sebuah tim kerja yang sangat produktif, produktif akan berarti segalanya dalam berbisnis, sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s