Cara Cerdas Menguasai Materi Tanpa Harus Memaksa Diri

Irwansolution.com – Kegiatan bernama “belajar” tentu sudah kamu akrabi sedari kecil. Duduk di depan meja belajar, berusaha menyelesaikan tugas, menghapal materi yang akan diujikan besok, latihan dengan beragam tipe soal, sering membuatmu harus bersabar menahan pening.

Atau tipe belajar jenis lain: ketika kamu tidak hanya harus menggunakan otak melainkan juga anggota tubuhmu untuk menguasai sesuatu. Main basket atau mempelajari instrumen musik, misalnya. Pertanyaannya, apakah intensitas kita belajar sebanding dengan efektivitas metode belajar yang kita lakukan?

Sejatinya setiap otak manusia memiliki potensi dan daya pemahaman yang begitu luas. Namun, banyak orang yang tidak bisa dan tidak sanggup memperluas daya paham itu. Pemahaman kita terhadap apa yang kita pelajari termasuk materi kuliah pun demikian. Setiap mahasiswa punya potensi yang sama. Namun yang membuat hasilnya berbeda adalah proses. Artinya, mau atau tidaknya mahasiswa tersebut mengerahkan seluruh kemampuan otaknya untuk memahami sesuatu sangat berpengaruh terhadap hasil.

Bukan hanya itu, masing-masing karakteristik mata kuliah yang beragam membuat kita harus lebih jeli. Sebab, antara satu mata kuliah dengan yang lainnya memang berbeda. Tentunya pikiran kita harus lebih dikerahkan. Berbeda jika sesuatu yang kita pelajari hanya fokus pada satu hal saja. Simaklah cara berikut ini agar kamu bisa lebih cepat menguasai materi tanpa harus memaksa diri.

Berusaha dengarkan penjelasan dosen dengan sebaik baiknya

Penjelasan materi dari seorang dosen adalah momen terbaik kamu merekam ilmu pengetahuan. Tentunya kamu tak jarang kan menjumpai seorang dosen yang sangat sedikit berbicara. Nah, jika demikian maka apa yang dia ucapkan tentang materi pastinya merupakan salah satu kunci menguasai materi.

Meskipun kamu memiliki buku paket atau buku panduan, tidak ada salahnya kamu catat poin penting dari penjelasan dosen. Tidak menutup kemungkinan loh guys, sang dosen bakal mengeluarkan penjelasan yang tidak berada dalam buku panduan. Nah, saat itulah peluang emas kamu untuk memasang telinga dan mata sebaik-baiknya merekamnya dalam memori kamu. Jangan justru ngobrol dengan teman atau ngantuk di dalam kelas. Satu lagi, bisa jadi apa yang dibicarakan dosenmu akan keluar dalam ujian
Temukan suasana belajar yang paling nyaman

Pilih situasi belajar yang tepat dan nyaman

Setiap orang memiliki suasana favorit yang berbeda saat belajar. Hal itu sesuai dengan kepribadian dan kesenangan mereka masing-masing. Ada seseorang yang hanya dapat belajar dalam situasi yang tenang dan keheningan. Ada juga yang harus mendengarkan alunan musik saat belajar. Ada pula yang menyukai suasana belajar kelompok dan tanya jawab. Oya, tempat belajar juga mempengaruhi. Misalnya tidak terlalu banyak orang berseliweran atau lalu lalang kendaraan yang bising.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mempermudah memahami suatu mata kuliah adalah menemukan suasana belajar yang nyaman. Temukan dan tentukanlah mulai saat ini suasana dan kondisi belajar terbaikmu. Namun tidak selamanya juga kamu bisa menemukan suasana impian kamu karena berbagai hal. Jika kalian mengalami ini, maka kalian sendirilah yang seharusnya menciptakan suasana yang nyaman itu.
Tentukan cara belajar yang tepat

Bisa belajar berkelompok, sambil sharing pemahaman

Bukan hanya suasana berbeda yang dibutuhkan untuk mempermudah pemahaman seseorang terhadap sesuatu. Setiap orang juga memiliki cara belajar yang berbeda untuk menghasilkan pemahaman yang maksimal. Nah, secepat mungkin kamu harus menemukan cara belajar yang tepat. Misalnya ada seseorang yang mengandalkan cara praktek dalam memahami materi kuliah. Ibaratkan saja kamu adalah dosen yang kembali memberikan penjelasan pada mahasiswamu. Berdirilah di depan cermin lalu jelaskanlah kembali materi-materi kuliah yang pernah kamu dapat. Kamu bisa menggunakan bahasamu sendiri dalam melakukannya.

Selain itu, mungkin saja kamu seseorang yang pelupa. Gunakan ringkasan materi dalam kertas yang bisa kamu tempel di berbagai sudut kamarmu. Kamu juga bisa menggunakan sebuah papan berbahan gabus untuk menempelkan catatan kecil suatu mata kuliah yang sedang ingin kamu perdalam materinya.

Bisa juga kamu tipe pendengar dalam belajar. Kamu bisa merekam penjelasanmu saat belajar, lalu kamu dengarkan di saat santai atau sebelum kamu tidur. Itu akan membuatmu semakin paham dengan materi kuliah tersebut. Nah, sejak saat ini juga segera temukanlah cara belajar favoritmu. Ingat, jangan tiru orang lain. Gunakanlah cara belajar yang membuatmu merasa paling cepat paham dan menguasai materi kuliah.
Manfaatkan waktu luangmu untuk mengulang memahami materi

Manfaatkan waktu, belajar disaat luang

Memanfaatkan waktu luang untuk belajar sangat efektif. Dalam kegiatan pengulangan belajar itu kamu bisa menggunakannya untuk mempelajari hal yang belum kamu pahami. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk dapat lebih leluasa bertanya. Memanfaatkan waktu luang juga dapat kamu gunakan untuk mempelajari hal-hal baru. Atau bahkan materi yang belum kamu peroleh. Dengan demikian kamu telah bisa mencuri start dan lebih matang dalam memahami materi.

Mengulang materi bukan hanya membantumu dalam pemahaman. Mengulang materi juga dapat meningkatkan daya ingat kamu akan sesuatu. Memori jelas akan tersimpan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan sistem cepat memahami materi kuliah yang sering kamu gunakan. Itu juga akan memudahkan otakmu bekerja untuk menyimpan memori.

Hilangkan kebiasaan ‘sks’ atau sistem kebut semalam

Percayalah, semua materi yang kamu pelajari dalam semalam akan lenyap juga dalam semalam. Padahal kita belajar bukan semata-mata agar lulus ujian, tapi untuk bekal masa depan.

Seorang atlet angkat besi saja tidak mungkin latihan hanya 1 hari sebelum perlombaan. Mereka sudah latihan sejak lama dan juga sedikit demi sedikit tiap harinya untuk membentuk otot yang diperlukan untuk perlombaan tersebut. Begitu juga dengan otak kita.

Nah, cara agar materi-materi yang sudah kamu pelajari tidak cepat menguap dari otakmu itu sebenarnya mudah. Belajarlah dengan cara mencicilnya. Belajar sedikit demi sedikit tiap hari, asalkan berkualitas. Luangkan waktu 1-2 jam tiap hari untuk mengulang materi kuliah yang baru saja kamu pelajari tadi, kemudian luangkan sekitar 30 menit di esok hari.

Penelitian membuktikan, mengulang-ngulang materi pada hari yang sama termasuk cara yang tidak efektif. Jika kamu sudah menguasai materi itu sepenuhnya pada hari itu, stop mempelajari itu. Ulangi materi itu besoknya, dan lakukan secara rutin.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu terapkan pada saat belajar. Dengan menggunakan strategi belajar yang benar, kamu bisa mencerna ilmu dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran! Silakan mencoba dan selamat belajar dengan cerdas.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s