Keluarlah dari Zona Nyaman Kemudian Sukses Mengembangkan Diri

Irwansolution.com – Tinggal nyaman di dalam zona nyaman ibarat katak dalam tempurung. Apa yang kita tahu itu-itu saja. Pada gilirannya, apa yang kita dapat, yach, hanya itu-itu saja juga. Atau, lebih parah lagi, zona nyaman kita menjadi tidak lagi nyaman karena serbuan dari dunia luar. Dalam kehidupan ini, sejatinya, tidak seorang pun anak manusia yang berada di dalam zona nyaman. Setiap orang, baik anak yang masih kecil, atau pun nenek yang sudah tua, senantiasa berada di zona yang tidak nyaman, hidup di dalam ketidakpastian.

Setiap orang sukses pastilah terbiasa untuk keluar dari zona nyaman, dan selalu mencari tantangan baru untuk menghasilkan sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Zona nyaman bagi orang sukses adalah perubahan, dan mereka akan terus – menerus terlibat dari satu perubahan menuju ke perubahan berikutnya, sehingga mereka selalu hidup dengan sejahtera di sepanjang kehidupan. Perubahan adalah sesuatu yang pasti, karenanya mereka tidak akan diam dalam batas mental, dan selalu akan mencari jalan keluar untuk melewati batas mental mereka.

Orang-orang yang kurang kreatif paling takut dengan perubahan, apalagi kalau dipaksa untuk keluar dari zona nyaman mereka. Bukannya kinerja yang akan didapatkan, tetapi penurunan produktivitas oleh kecemasan dan perasaan tidak aman. Diperlukan motivasi dan inspirasi secara berkelanjutan untuk membuka pikiran mereka, lalu memberikan keyakinan dan akal sehat agar mereka mau keluar dari batas mental mereka.

Ketidakberanian atau mental yang malas berpikir kreatif, akan menjadikan seseorang tidak mudah untuk ditarik ke ruang perubahan. Diperlukan pencerahan dan bukti yang meyakinkan agar mereka mau melakukan sesuatu dengan cara-cara baru. Zona nyaman bukanlah hal yang baik atau buruk, tetapi akan membuat pikiran tidak berkembang, lalu membentuk kepribadian yang takut dengan risiko.

Ketika Anda mampu berpikir di luar kota nyaman mental Anda, maka setiap kendala yang menghalangi pilihan hidup Anda, dapat Anda temukan solusinya. Karena, di luar zona nyaman atau di luar wilayah batas mental Anda, ada pengetahuan yang tidak terbatas banyaknya dan tidak terbatas dalamnya untuk Anda jadikan sumber dalam pencarian solusi yang tepat. Bila Anda tetap ngotot dalam zona nyaman Anda, maka semua masalah hidup pastilah pemikirannya sebatas wilayah mental Anda. Hal ini akan membuat Anda tidak memiliki kapasitas untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dari luar wilayah mental Anda. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang terus-menerus memperbaiki dan memperluas batas wilayah mental Anda, gunakan kekuatan kreativitas Anda untuk menemukan hal-hal luar biasa dari kehidupan yang lebih luas.

Zona nyaman Anda tidaklah buruk, tetapi dia hanya membuat Anda tidak berkembang untuk menjadi lebih baik. Dia akan membatasi pola pikir Anda sebatas praktik yang selama ini Anda gunakan; membatasi Anda sebatas pengalaman dan kepercayaan yang Anda jadikan andalan hidup Anda; dan membatasi Anda sebatas pemahaman yang sama, yang selalu berulang dalam rutinitas sebab-akibat hidup Anda.

Anda pasti memiliki potensi-potensi yang belum dimaksimalkan, dan bila wawasan Anda lebih luas dari sekarang, maka Anda pasti akan lebih mengetahui untuk mengoptimalkan potensi Anda. Oleh karena itu, segeralah keluar dari kotak nyaman Anda. Jadilah lebih terbuka untuk belajar sesuatu yang baru, dan siapkan diri untuk bekerja bersama perubahan. Jangan takut dengan risiko, sebab saat Anda berani menerima risiko, saat itu mental Anda akan mendorong Anda dengan visi yang lebih besar, sehingga Anda akan menjadi lebih terang melihat masa depan, serta mampu bekerja dengan lebih cerdas untuk terlepas dari masalah yang harus dihadapi.

Yakinkan diri Anda bahwa ketika Anda mampu berpikir di luar kotak, maka semua tujuan Anda akan lebih mudah dicapai. Dan yakinkan juga bahwa berada di luar wilayah mental akan lebih menguntungkan pertumbuhan diri Anda. Berpikir di luar wilayah mental saja tidak cukup, Anda harus bertindak dan memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Pastikan Anda mampu menciptakan lingkungan yang secara proaktif membantu dan terlibat dalam proses perubahan Anda.

Gunakan rasa takut untuk lebih menguasai hal-hal di luar wilayah mental Anda. Dan, jangan biarkan rasa takut terhadap realitas di luar wilayah mental Anda, membuat Anda kehilangan keberanian untuk melakukan sesuatu dengan lebih kreatif. Keluarlah segera dari zona nyaman Anda, karena di luar zona nyaman Anda ada lebih banyak hal-hal hebat yang dapat membantu kemajuan dan kesejahteraan hidup Anda.

Oleh karena itu keluar dari zona nyaman bukan hanya merupakan pilihan, melainkan keharusan. Orang yang tidak berani keluar dari zona nyaman tidak akan bisa maju. Bahkan, bisa jadi, ia tidak dapat bertahan hidup. Istilah populernya, ia akan mengalami seleksi alam.

Hal ini dikarenakan, dunia kita sekarang ini merupakan dunia yang penuh ketidakpastian. Setiap langkah yang kita tempuh, setiap tempat yang kita pijaki, senyaman apa pun ia, tetap saja mengandung ketidakpastian. Keluar dari zona nyaman merupakan salah satu seni untuk bertahan di dunia yang penuh dengan ketidakpastan ini.

Nah, agar respons kita terhadap situasi baru tidak berlebihan, atau dalam kata lain, agar kita dapat mengontrol diri manakala berada di dalam situasi yang baru, kita harus mempersiapkan diri untuk mengahadapinya. Kita harus tahu cara untuk menyesuaikan diri dengan situasi itu.

Kunci untuk menghadapi situasi baru adalah memiliki tujuan, berpikir positif, dan berani.
Sekarang, sudah siapkah Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda?

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s