Kenali Potensi Diri Sebelum Berwirausaha

Irwansolution.com – Dalam Memulai usaha sendiri banyak hal yang harus dilakukan untuk meraih keberhasilan. Resiko jatuh bangun dalam mengelola usaha adalah sesuatu hal yang biasa, untuk mengantisipasi resiko tersebut penting untuk mengenal potensi diri agar usaha anda bisa tumbuh kembang. Minat dan bakat adalah talenta yang dibawa seseorang semenjak kita dilahirkan, tapi minat dan bakat yang ada pada diri anda tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dikembangkan. Dan penting bagi seseorang untuk dapat meyakinkan dirinya bahwa mampu melakukan kegiatan itu sesuai dengan potensi dalam dirinya.

Dalam rangka mengembangkan diri sebagai seorang wirausahawan yang potensial, kita perlu mengenali siapa diri kita sebenarnya dan bagaimana orang lain menilai diri kita?. Untuk menilai diri sendiri, seseorang dituntut untuk memiliki kemampuan dan melakukan penilaian terhadap beberapa kelemahan dan kekuatan pada pada diri sendiri. Untuk mengetahui penilaian orang lain kita perlu melakukan pendekatan terhadap orang lain.

Kita harus menyadari bahwa setiap manusia mempunyai pribadi yang unik, artinya tidak seorangpun dari kita mempunyai pribadi yang tepat sama dengan yang lain. Maka kita perlu mengetahui Siapa saya apa kewajiban saya, dan apa yang harus saya pelajari ? dan kita harus mengenal diri orang lain.

Berikut langkah-langkah untuk mengenali dan mengukur potensi diri yaitu :

1. Kenali Karakter Diri Sendiri

Sebelum membuka usaha sendiri, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali karakter yang ada pada diri sendiri. Keberhasilan yang diraih oleh si A dengan si B akan berbeda hasilnya, karena setiap manusia memiliki karakter/pribadi yang unik, sifat serta kelemahan dan kekuatan diri yang berbeda-beda.

  • Memiliki sifat “ingin mendapatkan hasil besar secara cepat”
  • Apakah anda berani mengambil resiko ?
  • Apakah anda memiliki mental kuat, tekun dan sabar ?

2. Mengukur Minat dan Bakat

Langkah Selanjutnya adalah anda harus bisa menyakinkan diri sendiri bahwa anda mampu menjalankan usaha yang anda pilih itu. Minat dan bakat merupakan salah satu kekuatan bagi seseorang untuk menjalankan usaha dengan baik. Untuk mencapai keberhasilan anda harus dapat menyesuaikan antara karakter yang ada pada diri sendiri dan bidang usaha yang cocok dengan anda.

Ketika anda memilih jenis usaha, sesuaikanlah dengan minat dan bakat yang ada pada diri anda. Sebuah usaha akan mencapai sukses apabila “seiman” dengan karakter diri anda. Tidak heran jika ada beberapa pengusaha yang gagal akibat menjalankan usaha yang tidak sesuai dengan minat dan bakat serta kemampuan dirinya. Jika mengetahui sejak awal ia akan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan bakat yang disukai sehingga menghantarkan dirinya pada kesuksesan.

3. Mengukur kemampuan atau Kecakapan Diri

Hal terpenting bagi anda untuk mengetahui kemampuan yang bisa anda lakukan. Untuk mengetahui bidang-bidang apa saja yang mampu anda lakukan. tulislah dalam selembar kertas kecil, yang anda kenali merupakan kemampuan yang ada pada diri anda. Belajarlah untuk mengenali kemampuan diri yang telah anda peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya gagasan bagus itu lahir dari kemampuan dalam diri anda, yang tumbuh perlahan-lahan yang sesuatu ketika memunculkan keberanian anda untuk menciptakan ide/gagasan baru. Bagaimana seseorang bisa mengukur dan mengenali kemampuan/kecakapan dirinya tergantung pada diri anda sendiri dalam mengolah kecakapan sendiri.

4. Mengukur kemampuan Menggali Gagasan menjadi Sebuah Peluang

Kemampuan anda dituntut untuk dapat menggali sebuah ide/gagasan menjadi sebuah peluang yang akan membawa rejeki bagi diri anda. Untuk memudahkan anda menggali ide/gagasan coba fokuskan perhatian anda pada keadaan sekitar. Lihat segala kemungkinan sebuah gagasan itu bermula dari kebutuhan yang ada di dekat anda. Dari sekian banyak kebutuhan yang berhasil anda identifikasi, maka ujilah kelayakannya, apakah kebutuhan-kebutuhan itu memang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat atau konsumen ? apakah anda mampu menyediakan kebutuhan-kebutuhan itu sebagai sebuah sebagai peluang usaha ? sebuah bisnis, biasanya diawali dari kebutuhan-kebutuhan yang muncul tidak jauh dari diri sendiri.

Pusatkanlah pikiran anda untuk mencari bisnis apa yang bisa anda lakukan, amati kebutuhan masyarakat di dekat tempat tinggal anda, apakah ada produk atau jasa yang mereka butuhkan ? kenalilah apakah peluang itu belum dilakukan oleh orang lian ? jika belum ada orang yang menggarap ide tersebut, maka ciptakanlah gagasan itu sebagai peluang usaha yang menguntungkan

5. Berfikir Untuk Memulai dan Melakukannya

Setelah anda mampu mengenali kemampuan dan potensi dalam diri anda, sudah saatnya anda berfikir untuk memulai usaha dan melakukannya. Banyak orang “termenung” dan berfikir lama untuk bisa sampai pada tahap ini, tapi bagaimana anda bisa mewujudkan mimpi memiliki usaha sendiri, apabila anda tidak melakukannya sekarang juga. Keberhasilan baru akan tampak apabila anda mampu mewujudkan lewat tindakan. untuk itu pusatkan kepercayaan diri dan keyakinan anda kemampuan yang anda miliki. Untuk mencapai pintu keberhasilan, anda perlu belajar dan belajar terus-menerus sehingga memungkinkan anda melihat sebuah peluang yang brilian yang sebelumnya tidak terlihat oleh anda.

Saatnya anda mempertimbangkan “kapan” anda akan memulai menjalankan usaha sendiri. Coba pupuk kemampuan diri anda dengan matang dan latih kepekaan motivasi diri anda untuk mencapai tujuan yang anda inginkan. Membangun usaha sendiri memang tidak mudah, dibutuhkan konsentrasi dan persiapan-persiapan matang yang tidak saja terfokus pada kecakapan/kemampuan anda kenali peluang pasar. Untuk itu mulailah pondasi yang kuat pada diri anda untuk mendukung kesiapan mental. Pepatah china mengatakan “memulai suatu usaha/bisnis adalah mudah, namun untuk membuat usaha anda bisa berjalan dan menguntungkan itulah yang paling sulit.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s