Mengenal Digital Marketing dan Pemanfaatannya dalam Bisnis

Irwansolution.com – Digital marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang saat ini sedang berkembang pesat. Digital marketing mengacu pada metode pemasaran untuk memanfaatkan berbagai perlatan elektronik seperti komputer dan smartphone agar dapat berinteraksi dengan konsumen.

Selain itu, aplikasi dari digital marketing umumnya mengacu pada teknologi yang memanfaatkan internet seperti media sosial, email, dan website. Metode dari digital marketing juga memanfaatkan model peralatan elektronik lainnya diantaranya seperti radio, televisi, dan masih banyak lagi.

Untuk menemukan berbagai informasi tentang produk maupun jasa yang dibutuhkan, biasanya para konsumen mulai beralih ke internet atau berbagai media digital lainnya. Dengan begitu, peran dari digital marketing sangat dibutuhkan untuk menjangkau para konsumen tersebut.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif.

Dengan adanya digital marketing anda dapat memperkenalkan / promosi merek atau produk dengan menggunakan medium komputer (jaringan komputer) / internet melalui berbagai kanal yaitu mobile network, website, iklan di internet, maupun social media.

Jenis-jenis Digital Marketing

Ada dua jenis digital marketing yang dikenal secara umum, diantaranya sebagai berikut :

  1. Push digital marketing
    Jenis ini mengacu pada berbagai usaha untuk mempromosikan produk atau jasa tanpa perlu mendapat persetujuan awal dari calon konsumen. Strategi marketing yang dibutuhkan seperti pembuatan blog, website, pengiriman email promosi, beriklan di berbagai website, dan juga mempromosikan produk melalui SMS.
  2. Pull digital marketing
    Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, pull digital marketing lebih mengacu pada keaktifan dari calon konsumen dalam hal mencari informasi tentang produk dan jasa yang dibutuhkan

Pastikan agar tujuan strategi digital marketing campaign mencapai target yang diinginkan

Taktik pemasaran digital menerus terus berkembang serta berubah. Sangatlah penting buat melakukan review terhadap trend apa yang pastinya sedang berkembang, sehingga dapat dipastikan agar tujuan pemasaran mencapai target yang diinginkan. Berikut adalah merupakan beberapa animo yang diperlukan berkembang di tahun-tahun yang akan datang :

  1. Penggunaan mobile marketing. Sejalan dengan pertumbuhan smartphone serta ponsel yang mengintegrasikan internet ke dalam produk mereka. Riset menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun banyak transaksi atau penjualan yang dilakukan para konsumen meggunakan smartphone serta tablet dibandingkan dengan pc serta laptop.
  2. Penggunaan gambar dan video yang dapat lebih menarik perhatian. Naiknya popularitas pinterest yang berfokus di penggunaan gambar adalah satu bukti bahwa penggunaan gambar-gambar yg menarik serta sesuai dengan konten mirip infografis akan lebih bisa menarik perhatian calon konsumen.
  3. Tidak hanya itu, para calon konsumen yang melihat video penawaran produk atau jasa sebelum menetapkan buat menggunakan produk tersebut atau tidak. Hal ini dimanfaatkan sang para marketer dengan melibatkan gambar yang menarik dan video dengan tujuan memberikan review bagi calon konsumen mereka.
  4. Pengabungan sosial media untuk review dapat meningkatkan efektivitas SEO. Sosial media merupakan salah satu cara untuk memperkuat sebuah usaha dalam memperkuat strategi seo diterapkan agar lebih efektif.
  5. Pentingnya konten pemasaran. Konten pemasaran adalah salah satu hal yg paling krusial pada global pemasaran digital. Kualitas berasal konten sebuah artikel menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian lebih.

Pemasaran digital terus berkembang dan selalu ada platform sosial baru bermunculan, jargon-jargon yang menentukan trend dan keyword khusus terbentuk dengan korelasinya terhadap SEO. Sebagai perusahaan berkembang dalam online, pastikan untuk lebih serius dan lebih terfokus pada membangun brand itu sendiri.

Pernelusuran “mobile” telah menjadi jalan baru yang eksklusif dan selalu menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi audiens. Namun inti dari keberhasilan era Marketing Digital adalah konten tepat yang selalu “mengunjungi teman-temannya” dengan baik dan selalu memastikan kualitas dari Brand itu sendiri. Selamat berkarya.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s