Belajar Menjadi Pemimpin yang Ideal dan Disegani

Irwansolution.com – Menjadi seorang pemimpin atau atasan memang bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika Anda sama sekali belum berpengalaman, bagaimana mengatur bawahan, bagaimana menjaga komunikasi yang baik, itu adalah sesuatu yang sangat sulit. Jika Anda sampai salah dalam hal ini, maka resiko Anda dibenci bawahan sangat tinggi, dan bisa jadi seluruh pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawab Anda menjadi kacau balau.

Menjadi pemimpin yang baik, bijaksana dan disegani adalah impian setiap orang yang memiliki posisi kekuasaan entah itu di kantor, organisasi ataupun di suatu komunitas.

Dalam memimpin ada beberapa tipe berdasarkan orang yang dipimpin, yaitu: Pemimpin yang senang berinteraksi dan bergaul akan cocok diterapkan untuk tipe orang yang memiliki kreatifitas seperti pekerja desain atau seni.

Pemimpin yang tegas, disiplin dan otoriter akan cocok untuk memimpin militer ataupun menjadi atasan orang-orang yang jenjang pendidikannya rendah seperti di pabrik. Sementara pimpinan yang mengayomi cocok untuk sebuah organisasi kepemudaan, agama ataupun sosial.

Menjadi atasan yang ditakuti bawahan bukanlah cara yang tepat untuk bisa mengatur bawahan Anda. Lebih pas jika Anda menjadi seorang atasan yang berwibawa dan disegani oleh bawahan Anda. Sulit memang jika tidak terbiasa, namun ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjadi atasan yang berwibawa dan disegani bawahan, perhatikan di bawah ini.

1. Beri contoh

Pemimpin yang baik tidak hanya sekedar memberi perintah dan larangan tetapi juga harus memberi contoh. Jika kamu ingin anak buah disiplin dan bekerja keras maka lakukan juga hal yang sama.

2. Komunikasi yang baik

Pemimpin harus bisa berkomunikasi secara tepat, mudah dimengerti, jelas dan tidak memberikan pengertian yang ambigu (dapat diartikan berbeda).

3. Bertanggung jawab

Pemimpin yang bijaksana harus mau menanggung kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya dan tidak cuci tangan, karena adalah tanggung jawab Anda juga, jadi jangan cuci tangan bila ada hal kesalahan.

4. Konsisten pada peraturan

Hal ini juga perlu Anda perhatikan, ketika membuat suatu peraturan dalam perusahaan, Anda juga harus menjalankannya penuh dengan tanggung jawab. Selain itu, konsisten pada peraturan juga menjadi hal krusial yang harus Anda jaga. Jangan membuat peraturan plin plan sehingga membuat bingung bawahan Anda, dan juga tentunya akan membuat bawahan menjadi tidak respek lagi.

5. Tidak mendiskriminasikan bawahan

Anda harus bersikap tegas terhadap semua bawahan Anda. Jangan membeda-bedakan apalagi Anda mendiskriminasikan mereka, apapun alasannya Anda tak boleh mendiskriminasikan bawahan Anda. Pandanglah semua bawahan Anda secara profesional, gunakan kinerja mereka sebagai ukuran kualitas.

Demikianlah beberapa tips bagaimana agar Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang ideal dan bisa di segani bawahan Anda. Ingatlah yang terpenting adalah, hargai bawahan Anda, jika Anda ingin dihargai oleh mereka.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s