Kenali Kekuatan Strategi Pemasaran “Word of Mouth”

Irwansolution.com – Berbagai strategi pemasaran bisnis, selalu menjadi konsentrasi para pengusaha. Dari mulai pemasaran bisnis yang membutuhkan biaya cukup besar, sampai strategi pemasaran tradisional yang tidak membutuhkan biayapun menjadi alternatif mereka untuk mengenalkan produknya kepada para konsumen.

Word of mouth (WOM) atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan. Beberapa marketer punya pandangan yang skeptis dan meremehkan promosi macam ini. Padahal sering kali promosi dengan WOM hanya perlu biaya kecil dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali.

Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek, yaitu volume dan konten. Di antara dua aspek tersebut, volume adalah yang terpenting. Untuk dapat meneliti aktivitas WOM, disarankan untuk mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas, dan nada/tone dari volume suara yang ada. Di ranah digital pun sudah ada software yang dapat memantau segala macam WOM yang berseliweran mengenai merek Anda.

Strategi pemasaran word of mouth memang tidak pernah dilupakan oleh para pelaku bisnis. Karena pemasaran ini memberikan banyak kemudahan dalam membantu memasarkkan sebuah produk atau jasa. Dengan kekuatan rekomendasi pribadi dari rekan maupun orang terdekat, ternyata dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Tak heran jika dengan adanya pemasaran dari mulut ke mulut, dapat meningkatkan penjualan sampai dua kali lipat.

Selain itu pemasaran dari mulut ke mulut juga tidak membutuhkan biaya, bisa dibilang ini adalah strategi pemasaran gratis yang sangat efektif. Terlebih lagi masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan suka bersosialisasi dan berkumpul hanya untuk sekedar berbagi cerita, sehingga kesempatan untuk menyebarluaskan informasi sebuah produk atau jasa yang sering mereka gunakan sangat terbuka lebar. Hal ini akan menguntungkan para pengusaha, sebab dengan adanya word of mouth akan memunculkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda.

Dalam menjalankan strategi pemasaran dari mulut ke mulut, Anda dapat menggunakan beberapa cara. Antara lain sebagai berikut :

  1. Lakukan pemasaran kepada orang yang paling berpengaruh dalam satu komunitas, mengetahui tentang perkembangan produk terbaru, serta senang berbagi cerita kepada rekan atau kerabatnya mengenai hal – hal yang mereka ketahui. Sehingga semakin banyak orang yang mengetahui informasi mengenai bisnis Anda dan menyebarluaskan informasi tersebut kepada konsumen lain.
  2. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap konsumen. Konsumen yang memperoleh kepuasan dari sebuah produk atau jasa, secara tidak langsung akan menginformasikan kelebihan produk atau jasa tersebut kepada orang lain. Sehingga kepercayaan mereka terhadap suatu produk akan meningkat, karena adanya rekomendasi dari teman atau kerabatnya.
  3. Buatlah usaha yang unik dan menarik, dengan demikian menarik para pencari berita untuk meliput usaha Anda. Dengan adanya liputan dari berbagai media, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menyebarkan sebuah informasi. Sehingga pemasaran dari mulut ke mulutpun semakin meluas, karena masyarakat cenderung menyukai berita.

Para praktisi marketing dan PR yang mampu menangkap pentingnya promosi WOM dapat memperoleh banyak keuntungan baik dari perusahaan maupun dari para klien. Kini perusahaan harus membentuk suatu strategi promosi yang baik dan dapat menangani segala isu yang muncul. Semua perusahaan maupun merek-mereknya memerlukan support agar mereka dapat membentuk suatu image dan opini yang positif di mata publik.

Bila hal ini bisa dibangun sebelum badai krisis maupun isu negatif tentang perusahaan atau merek Anda menerpa, kesetiaan pelanggan bisa cepat dibangun dan mampu meng-counter serangan-serangan dari pihak lain. Tetapi, bila krisis sudah keburu menyerang dan image merek sudah dalam keadaan terpuruk, biasanya akan sangat sulit mendapatkan efek WOM yang positif.

Bahkan dengan pertolongan endorser atau penasihat pun, mereka belum tentu bisa berbuat banyak bila image merek dan perusahaan Anda sudah rusak di mata publik. Sering kali malah pihak-pihak yang terpaksa melakukan promosi WOM dalam kondisi krisis seperti ini, pada akhirnya hanya merasa seperti sedang dimanfaatkan saja. Publik akan mengira bahwa mereka semua dibayar untuk melakukan itu.

Berdasarkan survei yang dilakukan di beberapa tempat, pihak-pihak yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap pihak lain (influencers) tetap merupakan aset kunci yang berharga bagi suatu merek dan produknya. Hampir dua per tiga dari keseluruhan penjualan yang terjadi di Amerika dipengaruhi oleh promosi WOM, baik secara langsung maupun tidak. Survei ini dilakukan oleh McKinsey berdasarkan laporan yang didapat dari perusahaan-perusahaan.

Studi yang dilakukan oleh Roper ASW menunjukkan bahwa sekitar 10%–20% dari konsumen Amerika mempunyai kekuatan dan mampu memengaruhi habit dari 90% konsumen lainnya. Value dari promosi WOM telah meningkat dan bertumbuh sebesar satu setengah kali secara rata-rata semenjak tahun 1980-an. Sebagai hasilnya, promosi bentuk ini dihargai dua kali lipat dibanding jenis promosi lainnya. Data ini diambil dari Roper Reports Public Pulse.

Demikian, promosi WOM memang sudah saatnya benar-benar dipertimbangkan dan dimanfaatkan. Para pemasar dan PR perlu menyadari betul akan hal ini dan pastilah harus berusaha membuat strategi untuk menciptakan dan memanfaatkan efek WOM yang positif dan efektif.

Namun disamping memberikan banyak keuntungan, pemasaran dari mulut ke mulut juga menjadi bom waktu bagi perusahaan yang tidak menjaga kualitas produknya. Karena masyarakat akan menyebarluaskan segala berita, baik kelebihan produk maupun kekurangan produk. Apabila ada konsumen yang kecewa dengan produk Anda, maka bukan mustahil lagi jika konsumen tersebut akan mengabarkan hal buruk tersebut kepada rekan dan kerabatnya.

Oleh karena itu, tingkatkan terus kualitas produk yang Anda tawarkan dan biarkan konsumen yang membantu pemasaran bisnis Anda. Semoga informasi pemasaran ini dapat bermanfaat.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s