Membuat Pencatatan Keuangan Sederhana untuk Usaha Kecil

Irwansolution.com – Ketika mencari informasi mengenai cara membuat laporan keuangan, sering kali Anda menemukan informasi yang kurang sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan informasi yang Anda dapat dari internet tersebut berisi istilah-istilah yang cukup rumit. Terkadang tidak setiap pelaku bisnis kecil menengah bisa dengan mudah menerapkannya. Padahal, laporan keuangan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan usaha, baik skala kecil maupun besar.

Sebagai pengusaha yang akan memulai usaha bukan hanya urusan modal yang di miliki untuk membuka usaha atau menjalankan usaha. Tetapi perlu adanya sistem kerja yang cerdas, pandai dan mahir untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses. Walaupun dimulai dari usaha kecil, tentunya untuk menjalankan hal tersebut sangat membutuhkan sekali ketelitian dalam membuat pembukuan keuangan. Sehingga dalam menggunakan uang kas usaha membutuhkan cara untuk menjaga cash flow dengan tepat dan mampu mengendalikannya secara akurat. Agar usaha yang di jalankan akan berjalan dengan lancar dan berkembang.

Kita ketahui sebagian besar pengusaha pemula seringkali melupakan pentingnya membuat pembukuan keuangan yang akurat. Mereka terlalu fokus untuk meningkatkan omzet sehingga lupa membuat pembukuan keuangan yang rapi. Jadi tidak heran kalau banyak sekali dari mereka hanya mampu menaikkan omzet tetapi tidak tahu berapa besar keuntungan dan kerugian usaha tersebut. Hal ini sering terjadi di kalangan pebisnis usaha kecil yang tidak memiliki catatan keluar masuknya uang usaha.

Pada perusahaan skala besar, laporan keuangan sudah dijalankan sedemikian rupa dengan sangat rapi oleh seorang akuntan. Sebab laporan tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghitung laba rugi. Namun, juga berfungsi sebagai salah satu sumber informasi untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi persaingan bisnis. Juga sekaligus sebagai bukti pertanggungjawaban dalam laporan pajak. Dalam usaha skala kecil menengah, laporan keuangan juga sangat diperlukan bila memang pemilik usaha menginginkan agar usaha yang dikelola terus berkembang dan memiliki arah yang jelas.

Dalam membuat pembukuan keuangan yang sederhana, Anda hanya perlu mengerti beberapa pencatatan yang penting untuk dicatat di setiap arus keuangan. Membuat pembukuan keuangan pada dasarnya di bagi menjadi 3 buku catatan. Ketiga buku catatan tersebut diantaranya buku catatan pengeluaran, buku catatan pemasukan dan buku catatan utama.

Pembukuan keuangan Sederhana dibagi menjadi tiga kelompok

1. Buku kas pengeluaran

Buku kas pengeluaran atau belanja adalah buku kas yang berhubungan dengan semua pengeluaran atau belanja dalam usaha. Seperti yang Anda ketahui pengeluaran untuk belanja bahan baku, operasional maupun gaji karyawan. Dibawah ini merupakan contoh usaha kecil camilan makaroni dalam mencatat biaya pengeluaran belanja bahan baku dan lainnya secara sederhana
Semua yang berhubungan dengan biaya pengeluaran atau belanja di masukkan ke dalam buku kas pengeluaran

2. Buku kas penjualan/pemasukan

Buku kas penjualan/pemasukan adalah buku kas yang berhubungan dengan semua penjualan produk yang di produksi sebuah usaha. Buku kas penjualan berfungsi untuk mencatat dan mengetahui semua uang pemasukan atau penjualan yang telah di dapat.
Semua yang berhubungan dengan hasil penjualan atau pemasukan di masukkan ke dalam buku kas pemasukan

3. Buku kas utama (penggabungan)

Buku kas utama adalah Penggabungan antara buku kas penjualan dengan buku kas pengeluaran. Sehingga hasil yang di dapat antara keuntungan dengan kerugian dapat di lihat secara jelas di dalamnya.

Dengan mengetahui prinsip dasar laporan keuangan sederhana untuk UKM seperti uraian di atas, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran lebih mudah dan jelas posisi keuangan usaha Anda. Selain itu, Anda juga mengetahui bagaimana harus menjalankan bisnis Anda dalam menghadapi persaingan ke depannya.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s