Strategi Pemasaran Ampuh Buat Konsumen Penasaran

Irwansolution.com – Sebuah bisnis tentunya memerlukan promosi sebagai media marketingnya. Tanpa strategi marketing, bisnis tidak akan dikenal oleh konsumen. Selain untuk pengenalan produk, marketing juga berguna sebagai media penguat brand sebuah bisnis. Saat ini, marketing dan promosi telah menjadi sebuah keharusan bagi pelaku bisnis agar usahanya berkembang. Cara marketing dan promosi kini tidak hanya dilakukan secara face to face atau offline marketing. Hampir semua bisnis mulai menggunakan media promosi online sebagai media marketingnya.

Dalam menjalankan promosi dan marketing, baik offline maupun online, banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari banner, membagikan selebaran/ brosur/ pamflet, iklan di radio, internet, dan lain sebagainya. Dari semua cara marketing tersebut, sebenarnya apa yang menjadi poin utama dari sebuah startegi marketing? Sebuah strategi marketing, apapun bentuk dan caranya, pasti memiliki satu tujuan.

Tujuan utama dari semua jenis media promosi tersebut adalah membuat konsumen memiliki rasa penasaran. Rasa penasaran yang dimaksud adalah rasa penasaran yang mencakup berbagai hal mulai dari produk, jenis usaha, merk dagang, harga, menu, rasa/ tampilan, bahkan hingga lokasi usaha tersebut. Rasa penasaran yang tinggi akan memancing sifat ingin tahu dari konsumen. Dari rasa sangat ingin mengetahui tersebut, biasanya konsumen akan terpancing untuk mencari tahu berbagai info yang terkait dengan produk tersebut.

Dalam memilih promosi atau sebuah strategi marketing, harus menyesuaikan dengan produk yang ditawarkan serta tujuan jangka panjang yang ingin dicapai. Promosi atau marketing yang dijalankan tentunya harus dilakukan dengan strategi yang benar-benar matang. Namun apapun strategi yang dilakukan, tujuan utama yang tidak boleh terlewat adalah bagaimana cara agar dapat membuat konsumen penasaran dengan produk-produk yang ditawarkan. Berikut ini terdapat beberapa strategi marketing agar dapat menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen, di antaranya adalah sebagai berikut :

Berikan keuntungan lebih pada konsumen sehingga membuat pelanggan semakin loyal dengan produk Anda

Pertama, memberikan keuntungan kepada pelanggan Anda. Pada prinsipnya setiap konsumen akan merasa senang apabila mereka bisa mendapatkan banyak manfaat dari transaksi pembelian yang mereka lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin memberikan keuntungan lebih pada pelanggan Anda sehingga mereka semakin loyal dengan produk bisnis yang Anda jalankan. Misalnya, dengan memberikan penawaran khusus pada konsumen “buy 1 get 2” atau memberikan belanja voucer senilai Rp 50,000.00 dapat digunakan untuk pembelian berikutnya untuk pelanggan kami yang telah membuat transaksi pembelian lebih dari Rp 100.000,00 pada produk Anda.

Kedua, memberikan bonus gratis untuk menarik minat pelanggan. Selain memberikan manfaat tambahan, Anda juga dapat memberikan bonus gratis bagi para pelanggan Anda yang bertransaksi pembelian dengan nominal tertentu. Misalnya seperti promosi strategi yang dilakukan para pelaku bisnis di bidang laundry yang sengaja menyediakan layanan laundry pakaian gratis bagi pelanggan yang melakukan laundry pakaian selama 10 kali di tempat laundry tersebut.

Ketiga, menawarkan hadiah menarik untuk menjangkau banyak pelanggan. Tak dapat disangkal lagi ketika pemberian hadiah gratis memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang menarik banyak pelanggan. Bahkan sekarang ini konsumen jangan ragu untuk membeli suatu produk, karena mereka tertarik dengan hadiah gratis yang ditawarkan produsen. Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan hadiah headset gratis setiap pembelian produk yang Anda jual secara online melalui situs web produk Anda.

Keempat, penyebaran informasi melalui word of mouth marketing. Memanfaatkan bantuan konsumen dalam memasarkan suatu produk memang pilihan yang tepat dalam hal pemasaran. Untuk itu, sebisa mungkin menciptakan produk dan strategi pemasaran yang unik yang menarik untuk menimbulkan rasa penasaran atau keingin tahuan konsumen.

Kelima, memanfaatkan Internet sebagai media pemasaran. Memasuki era Departemen digital seperti sekarang, para pelaku usaha apapun yang diperlukan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran. Jika sebelumnya pengusaha sangat bergantung pada metode pemasaran offline dalam melakukan pembelian dan penjualan, sekarang bersama dengan proliferasi media informasi dan internet maka jarak dan waktu bisa ditembus dengan mudah

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s