Cara Melatih Menjadi Pribadi yang Konsisten

Irwansolution.com – Konsistensi, meskipun belum dapat diartikan secara jelas, adalah salah satu dari berbagai atribut yang diinginkan oleh setiap orang, tetapi tidak banyak yang sungguh-sungguh berusaha untuk memilikinya. Jangan khawatir! Selama Anda bisa menentukan tujuan dan batasan yang spesifik dengan arah yang jelas, Anda bisa menjadi seseorang yang benar-benar konsisten.

Sebuah konsistensi merupakan hal yang wajib diperlukan apabila kita ingin sukses, kita ingin kaya raya, kita ingin pintar, dan kita ingin mendapatkan sebuah prestasi tertinggi dalam hidup. Tidak ada sebuah keberhasilan tanpa proses, dan tanpa konsistensi yang berkelanjutan.

Bagaimana Cara Agar Bisa Konsisten?

Tulis tujuan Anda. Ingin rangking satu di kelas, ingin menguasai bahasa Inggris? Tulis tujuannya dalam sebuah kertas, kemudian letakkan kertas tersebut di depan anda. Hayati dan resapi dalam hati. Bulatkan tekad Anda untuk mencapai tujuan tersebut!

Mulailah dari hal yang kecil. Jika anda ingin ranking satu, belajar 1 jam setiap hari akan lebih baik daripada Anda langsung belajar 5 jam dalam sehari karena begitu ambisius. Ambisius hanya melelahkan diri Anda dan membuat Anda berharap terlalu tinggi pada sebuah pencapaian. Don’t push too hard, and don’t hope too high. Santai saja, tapi tetap konsisten.

Mencoba fokus pada tujuan. Jika tujuan Anda sudah tertulis maka cobalah fokus pada tujuan tersebut, semisalkan tujuan Anda adalah diet maka lakukanlah usaha diet tersebut palin tidak selama satu bulan lamanya. Hal ini sangatlah penting untuk melatih konsistensi Anda pada tujuan yang ingin Anda capai.

Mempertahankan Konsistensi

Gunakan visualisasi kritis. Visualisasi, meskipun terdengar bodoh, sebenarnya bisa sangat membantu jika Anda gunakan dengan benar. Anda bisa menggunakan visualisasi realistis, yang mempertimbangkan adanya rintangan dan kemunduran yang mungkin akan Anda hadapi

Bersiaplah menghadapi kegagalan. Setiap orang bisa mengalami kegagalan. Tidak peduli betapa berdedikasinya Anda, betapa cerdasnya Anda, betapa baiknya persiapan Anda, Anda tidak bisa selalu berhasil. Anda harus bersedia menerima kemungkinan ini dan mencari tahu apa yang harus Anda lakukan jika Anda tidak berhasil. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi kegagalan.

Tingkatkan motivasi Anda. Jika Anda tidak terus termotivasi, Anda tidak akan bisa melakukan perubahan dalam hidup Anda yang akan membuat Anda menjadi orang yang konsisten. Anda akan kembali kepada pola tingkah laku lama yang kurang baik, bukannya menerapkan pola-pola baru yang sedang Anda ciptakan

Tips : Jangan menyalahkan diri Anda sendiri jika Anda gagal untuk selalu bersikap konsisten. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna, tetapi dengan berlatih Anda bisa menjadi lebih konsisten dalam setiap hal yang Anda lakukan. Konsistensi sangatlah diperlukan dalam hal apapun, oleh karena itu latih lah konsistensi Anda dari sekarang. Semoga bisa bermanfaat.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s