Memulai Bisnis Kuliner Online dan Strategi Pemasarannya

Irwansolution.com – Pada era sekarang ini, kuliner mulai banyak dilirik para pebisnis khususnya di kota-kota yang sudah mulai berkembang. Bisnis kuliner bukan lagi menjadi sekedar asal enak dan sebagai pengganjal perut semata, tapi sudah berubah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang terutama dari kalangan menengah atas. Jika dulu tempat makan hanya sebatas restoran keluarga, kini tempat makan dengan konsep kafe yang menarik dan unik mulai menjamur di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, dan kota-kota lainnya.

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Ada saja kreasi kuliner baru yang dapat dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang hobi memasak. Bisnis kuliner memiliki prospek yang cukup bagus. Hal ini karena setiap orang membutuhkan makanan. Apalagi di jaman modern ini, banyak orang yang memilih membeli makanan olahan daripada memasak sendiri. Kepraktisan adalah alasan utama mereka lebih memilih membeli makanan olahan.

Semakin majunya teknologi dengan ditandai semakin banyaknya pengguna jejaring sosial turut mempengaruhi munculnya tempat wisata kuliner yang selain enak juga wajib menciptakan konsep yang menarik. Adanya jejaring sosial seperti Path, Instagram, dan twitter, membuat orang-orang kreatif di bidang apapun dengan cepat mempromosikan produk apa yang mereka hasilkan, tak terkecuali dalam bisnis kuliner.

Dengan bantuan jejaring sosial, pelaku bisnis termasuk dari jenis kuliner dapat dengan mudah mempromosikan produknya tanpa dipungut biaya. Jika dulu seorang pelaku bisnis terutama bisnis kuliner memulai bisnisnya dengan mendirikan tenda atau membuka kios di pinggir jalan, kini mereka cukup bergeriliya dengan jempolnya dan pelanggan datang dengan sendirinya. Pelaku bisnis dapat mulai memasarkan produknya melalui sistem online, karena lebih praktis dan waktu yang fleksibel.

ika Anda membuka bisnis kuliner offline, pelanggan yang Anda jangkau hanya dari daerah sekitar Anda saja. Namun, bagaimanakah cara memulai bisnis kuliner online ini? Bagi Anda yang bingung untuk memulai bisnis kuliner secara online, kali ini akan saya bagikan panduan untuk memulai bisnis kuliner online.

1.Pilih Jenis Makanan

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali dalam menjalankan bisnis kuliner secara online ini Adalah memilih jenis makanan yang akan Anda jual. Sebaiknya, jual jenis makanan kering agar tidak mudah basi. Karena, dalam bisnis kuliner online, makanan yang Anda jual akan Anda kirim ke tempat pembeli dan tidak tentu akan memakan waktu berapa lama sampai makanan yang Anda kirim sampai ke tangan pembeli. Jangan sampai makanan yang Anda jual sampai ke tangan pembeli dengan keadaan sudah basi. Selain itu, hanya sedikit agen pengiriman yang menerima pengiriman makanan basah. Resiko menjual makanan basahpun lebih besar daripada menjual jenis makanan kering.

2. Buat Merk Produk

Setelah memilih jenis makanan yang Anda jual, mulailah membuat merk untuk makanan Anda. Dengan membuat merk, makanan yang Anda jual akan mempunyai identitas sendiri. Pilihlah merk yang tidak terlalu panjang, namun unik. Pilih juga merk yang mewakili makanan yang Anda jual. Jika Anda sudah menemukan merk untuk makanan Anda, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Tentukan Menu Andalan

Dalam bisnis kuliner, baik itu online maupun offline, Anda wajib mempunyai satu menu andalan. Buatlah satu menu andalan yang berbeda dengan makanan lain. Hal ini akan menarik pelanggan untuk mencoba menu andalan Anda. Jika Anda sudah mempunyai menu andalan, mulailah untuk memberi porsi lebih saat mempromosikan menu andalan Anda.

4. Buat Foto atau Video Makanan

Hal ini sangat penting dalam bisnis kuliner online. Dalam bisnis kuliner online, foto atau video akan menjadi salah satu faktor penentu dibeli atau tidaknya makanan yang Anda jual. Karena pelanggan tidak bisa melihat langsung, buatlah foto atau video makanan semenarik mungkin. Jika dari foto atau video saja makanan Anda tidak terlihat enak, bagaimana mungkin ada pelanggan yang tertarik untuk membeli makanan Anda?

5. Siapkan Kemasan

Mengapa kemasannya harus kuat? Karena makanan yang Anda jual akan dikirimkan, dan bukan Anda yang akan mengirimnya sendiri. Walaupun agen kurir memberikan jaminan keselamatan makanan Anda, namun Anda juga harus tetap berjaga-jaga dengan membuat desain kemasan yang tahan banting dan akan melindungi makanan Anda selama dikirim. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapati pelanggan Anda kecewa karena makanan yang samapi ditangannya sudah dalam keadaan rusak. Bagaimanapun, selera makan akan timbul dari bentuk makanannya itu sendiri. Maka, jangan sampai makanan Anda rusak ditengah jalan dan membuat pelanggan tidak berselera untuk memakannya.

6. Memulai Pemasaran Online

Setelah menyiapkan kemasan, saatnya Anda memasuki tahap terakhir yaitu tahap pemasaran produk kuliner Anda melalui online. Cara yang bisa Anda lakukan adalah:

Membuat toko online untuk bisnis kuliner Anda. Anda harus membuat toko online untuk bisnis kuliner Anda karena hal ini akan membuat pelanggan Anda nyaman dalam berbelanja. Anda bisa menggunakan jasa pembuat website toko online yang terpercaya dalam hal ini. Saran saya, jika Anda serius untuk mengembangkan bisnis kuliner Anda secara online maka dipatutkan juga Anda membaca : Strategi Pemasaran SEO untuk Bisnis Online Anda . Karena dengan SEO marketing bisa mendongkrak popularitas bisnis online Anda

Memanfaatkan social media. Anda bisa mulai memasarkan bisnis kuliner Anda melalui social media yang Anda miliki seperti facebook, twitter, instagram, path dan lainnya. Pemasaran social media adalah salah satu pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda (Baca : Cara Jadikan Media Sosial Sebagai Ajang Pemasaran Bisnis Anda)

Demikianlah langkah – langkah memulai bisnis kuliner online, jangan lupa inti dari semua bisnis yang kita jalani adalah tetap fokus. Dengan fokus kita bisa mencapai tujuan dari semua bisnis yang kita jalani. Semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s