Mencermati Bisnis Online yang Paling Diminati

Irwansolution.com – Menentukan jenis produk adalah langkah paling awal yang perlu Anda lakukan saat merintis sebuah bisnis online. Penting bagi Anda untuk dapat memperhitungkan segala aspek saat memilih produk agar bisnis Anda memiliki prospek yang baik. Memilih produk tanpa mengetahui kondisi pasar akan mengakibatkan bisnis Anda sulit mencapai kesuksesan.

Banyak tips atau panduan yang bisa Anda terapkan saat memilih produk untuk dijual online. Poin terpenting yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis barang apa saja yang paling diminati oleh para pembeli online. Dengan mengetahui minat konsumen online, Anda dapat mendagangkan produk yang diperkirakan dapat mendatangkan profit signifikan.

Bisnis online yang paling laku di internet ternyata sebagian besar dikuasai oleh produk habis pakai (consumer goods) dimana ada peningkatan jumlah pembeli yang membelanjakan uangnya secara online untuk membeli produk yang tersebut. Hal itu dinyatakan oleh Andi S Boediman, ShopFair Chairman & E-Commerce Expert, pada beberapa saat yang lalu. Dikatakannya bahwa antusiasme masyarakat untuk belanja online di internet semakin lama bertambah besar, dan ini tentunya akan sangat menunjang dunia bisnis online sendiri menjadi bertambah besar dan menyumbang pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Bila Anda tertarik mencari peluang bisnis online dan memiliki rencana untuk memulai berbisnis online dengan menjualan produk tertentu, maka di bawah ini adalah barang-barang yang paling laku dan banyak dicari orang saat ini.

Produk Buku. Buku adalah produk terpopuler yang sering dicari konsumen saat berbelanja online. Alasan mengapa buku memiliki angka permintaan paling tinggi adalah karena keterbatasan wilayah yang dimiliki sebuah penerbit di satu negara. Ketika berbelanja secara offline, penduduk di satu negara hanya dapat membeli buku dari penerbit lokal. Hal ini tentu saja menimbulkan problem keterbatasan referensi atau resources saat pembeli membutuhkan buku yang diproduksi di negara lain. Berbelanja secara online ‘mematahkan’ batasan referensi tersebut. Siapapun bisa membeli buku yang diproduksi oleh penerbit manapun di dunia, yaitu dengan transaksi online.

Produk Fashion. Aksesoris seperti kalung, gelang dan baju yang modis adalah salah satu produk yang paling laku dan digemari oleh masyarakat terutama remaja putri dan para wanita. Oleh sebab itu, mencoba peruntungan untuk mulai berjualan barang atau produk yang berkaitan dengan fashion ini akan sangat memberi harapan yang baik.

Produk Gadget. Tablet, laptop, handphone, smartphone adalah produk elektronik yang juga memiliki jumlah peminat yang ingin membelanjakan uangnya secara online. Ini bisa dimaklumi karena makin meningkatnya pendapatan masyarakat sehingga mampu membeli barang-barang elektronik seperti itu. Jadi bila Anda memiliki minat terhadap produk gadget seperti ini dan ingin mencoba menjualnya secara online maka juga akan sangat menguntungkan dari segi peluang bisnis di rumah.

Produk Perawatan dan Kesehatan Tubuh. Produk-produk herbal dan kosmetik adalah salah satu jenis barang yang paling diburu oleh para wanita dan gadis remaja. Keunikan dari menjual produk ini secara online adalah bila para pelanggan cocok dengan harga serta produknya memberi khasiat atau bermanfaat untuk pemakainya maka bukan tidak mungkin mereka akan secara membeli secara teratur. Oleh sebab itu, produk consumer goods untuk perawatan dan kesehatan tubuh ini sangat besar pasarnya dan berpotensi mendatangkan keuntungan bagi para penjualnya.

Produk Video Game. Negara-negara maju di Eropa, Amerika, dan beberapa negara Asia memonopoli pasar video game beserta perangkatnya. Pasalnya, peminat video game tersebar hingga ke negara-negara berkembang. Agar bisa mendapatkan produk video game terbaru yang diproduksi oleh perusahaan internasional, para gamer pun berbelanja secara online.

Perangkat Elektronik. Terpaut satu persen dari video game, perangkat elektronik menempati urutan keempat dalam daftar produk terpopuler di bisnis online. Perangkat elektronik ini mencakup kamera, televisi, ponsel, gadget, dan aksesori ponsel. Banyak penjual online yang berkolaborasi dengan importir atau dealer sebuah merek barang elektronik sebab permintaan konsumen terhadap perangkat ini sangat tinggi. Terlepas dari apakah perangkat elektronik tersebut imitasi atau orisinil, tingginya permintaan terhadap produk elektronik dipengaruhi oleh kondisi ‘membludaknya’ pengguna smartphone dan gadget di era digital.

Perangkat Komputer. Produk yang juga tergolong populer diminati konsumen online adalah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras mencakup komputer jinjing, tablet, dan barang pelengkap personal computer. Sementara perangkat lunak mencakup software dan applications.

Dengan beberapa pilihan diatas maka tentukanlah bisnis online pilihan Anda, yang sesuai dengan passion Anda. Akan tetapi, sebelum Anda memulainya ada baiknya Anda membaca artikel saya sebelumnya : Langkah Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s