Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Irwansolution.com – Seiiring dengan sibuknya aktifitas kerja yang membutuhkan energi fisik dan pikiran kadang membuat semangat kita untuk berkerja menjadi luntur, Semangat kerja yang merosot bisa menjadi bencana buat kita, produktifitas bisa menurun dan target kerja bisa tidak tercapai

Dalam melakukan pekerjaan tentunya dibutuhkan semangat dalam bekerja, apabila tidak seperti itu maka hasil yang didapat dalam bekerja tersebut tidak baik dan kemungkinan tidak seperti yang diharapkan.

Mungkin sering kali kita mengawali hari dalam bekerja dengan mengeluh dan tidak bersemangat untuk berangkat ke kantor. Terkadang banyak faktor yang membuat kita tidak bersemangat untuk berangkat kerja. Semangat dalam bekerja hubungannya sangat erat dengan suasana hati kita. Jika kita berangkat dari rumah dengan suasana hati yang senang dan bahagia, maka saat di kantor pun tentu kita masih akan bahagia dan sumringah saat memulai pekerjaan.

Terkadang juga kita merasa kurang dan hilang semangat dalam bekerja, tetapi kita harus tetap optimis dan selalu berusaha melawan rasa kurang semangat tersebut. Lalu, bagaimana cara kita agar mampu kembali menemukan semangat yang mulai menghilang? Berikut terdapat beberapa cara untuk menghidupkan kembali semangat dalam diri kita.

  1. Review ulang bagaimana bisnis/pekerjaan anda. Anda bisa cek kembali sampai dimana ACTION yang sudah anda kerjakan. Bagaimana aktivitas anda sebelumnya. Sampai dimana pencapaian anda sebelum masa liburan kemarin. Dan lihat kembali visi anda ke depan. Kemana akan anda arahkan ACTION-ACTION anda selama ini dan nanti untuk mencapai target anda.
  2. Rapikan tempat kerja anda. Pastikan tempat kerja anda kembali rapi seperti sebelumnya. Letakkan berbagai peralatan kerja yang dibutuhkan di tempat yang paling tepat menurut anda. Buat ruang kerja senyaman mungkin. Dengan demikian diharapkan ini akan membantu membangun semangat kerja anda.
  3. Rencanakan apa yang harus segera di-ACTION-kan. Anda lihat ulang apa saja yang harus segera dilanjutkan untuk ACTION. Ini hubungannya dengan membuat prioritas kerja. Anda urutkan ACTION apa yang mesti dikerjakan pertama, kedua, dan seterusnya.
  4. Bangun kembali suasana kerja. Mulai hari anda dengan melakukan hal yang biasanya menumbuhkan semangat kerja. Mungkin anda perlu mendengarkan musik terlebih dahulu sebelum mulai kerja. Atau mungkin dengan berdoa terlebih dahulu. Mungkin juga dengan memimun teh/kopi untuk menghangatkan badan. Pada intinya, anda perlu membangun situasi kerja seperti sebelumnya agar semangat kerja anda kembali tumbuh.
  5. Selesaikan pekerjaan. Prioritas kerja yang anda lakukan bisa mulai anda kerjakan. Kerjakan perlahan sampai anda kembali menemukan ritme kerja anda. Kemudian percepat ACTION anda untuk meraih banyak “kemenangan” sesegera mungkin dengan menyelesaikan tugas anda. Pasti, semangat kerja anda akan kembali tumbuh.
  6. Ingat kembali tujuan jangka panjang anda. Bila anda mungkin masih merasa malas untuk tak segera melakukan ACTION, anda bisa lihat kembali tujuan jangka panjang anda. Lihat apa saja yang mungkin tak bisa segera diraih jika anda tak segera ACTION. Baca juga kata-kata motivasi dan kata kata inspirasi untuk mendongkrak semangat kerja anda.
  7. Istirahat dan rayakan. Setelah tugas-tugas di hari pertama kerja berhasil anda kerjakan dengan baik, jangan lupa beristirahat. Rayakan keberhasilan anda kembali on the track seperti sebelumnya. Perayaan kecil seperti makan bersama rekan kerja atau bertanding futsal mungkin bisa menjadi pilihan.

Tingkatkan terus apa yang dapat menjadikan anda selalu bersemangat dalam bekerja di kantor. Selalu nyalakan semangat dan gairah dalam menjalani kehidupan. Sebab, hidup akan terasa lebih berwarna ketika kita memiliki gairah dalam menjalaninya.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s