Cara Meningkatkan Konsentrasi Agar Tetap Bisa Fokus

Irwansolution.com – Manusia adalah insan yang hadir di muka bumi ini sejak zaman purba kala. Dari buku sejarah (Kitab Suci) dapat kta pelajari bahwa manusia adalah mahkluk yang terakhir di ciptakan yang dianugrahi akal budi untuk berpikir. Pantaslah jika dikatakan bahwa kita sebagai spesies terbaik dibumi ini, bukan karena kekuatannya, bukan karena kebesarannya, bukan juga karena jumlah yang begitu banyak, akan tetapi karena kita telah dianugrahkan akal budi untuk berpikir sebelum bertindak.

Saat kita tunduk pada tingkat aktivitas mental yang sangat tinggi dibandingkan dengan nenek moyang kita. Bahkan, menurut Dr Charles Folk, direktur departemen Ilmu Kognitif di University of Villanova, “tidak pernah ada waktu lain dalam sejarah ketika ada begitu banyak gangguan seperti hari ini.” Dimulai Sejak bangun tidur hingga kembali tidur, otak kita tidak berhenti. Terus menerima, memproses dan mengirimkan informasi dari berbagai sumber dan seberapa cepat otak kita melakukan konsentrasi tentunya dibutuhkan treatment khusus yang perlu dilakukan dalam menjaga dan meningkatkan konsentrasi.

Banyak orang yang mengeluh sulit berkonsentrasi. Bahkan, sampai-sampai diciptakan beberapa suplemen untuk membantu kita fokus. Nah, buat kamu yang sulit konsentrasi dan bahkan harus dibantu beberapa suplemen agar bisa konsen, kamu bisa coba beberapa cara dibawah ini untuk membantu agar bisa fokus lagi.

1. Ganti Kopimu dengan Olahraga Ringan

Jika selama ini kamu bergantung pada kopi untuk berkonsentrasi atau untuk memulai harimu, mulailah gantilah dengan olahraga ringan seperti jogging selama 15 menit. Kebiasaan meminum kopi akan membuatmu ketergantungan. Ujungnya kamu akan kesulitan kalau tidak meminumnya.

Lagipula, menurut penelitian dari University of Illinois, berolahraga ringan seperti jogging barang 15 hingga 30 menit akan mampu meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak yang berhubungan dengan konsentrasi sehingga akan menajamkan fokus dan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Jumlah ideal konsumsi air putih per hari adalah 2 liter. Jika konsumsi air putihmu kurang, ini juga mengganggu konsentrasimu. Dan menurut Harris Lieberman, Ph.D, seorang peneliti dari Army Research Institute of Environmental Medicine, rasa haus bukanlah indikator yang tepat untuk menentukan waktu minummu.

“Saat kamu merasa konsentrasi terganggu dan kamu kesulitan untuk fokus, itu adalah tanda dari tubuhmu agar kamu meminum air putih,” jelas Pak Lieberman.

3. Perhatikan Waktu Tidurmu

Mulai sekarang perhatikan waktu tidur yang kamu miliki, waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah 8 jam tiap malamnya. Dan saat kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuhmu akan mengalami kesulitan untuk melakukan koordinasi dan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi.

4. Pusatkan Perhatian Untuk Sejenak Pada Satu Titik Fokus

Jika kamu masih mengalami kesulitan walaupun telah mencoba hal-hal di atas, cobalah untuk memusatkan semua perhatianmu pada satu titik fokus: dedaunan hijau, langit dan awan yang ada di langit atau bisa saja jari-jemari kakimu.

Dengan ini, kamu akan bisa menghilangkan gangguan atau distraksi yang secara tidak sadar ada di sekelilingmu. Kamu pun bisa menjadi lebih berkonsentrasi. Sekian tips dari saya agar bisa meningkatkan konstrasi kamu dalam menjalani kegiatan apapun.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s