Belajar Menjadi Motivator Handal

Irwansolution.com – Motivasi diri itu sangat penting, dengan motivasi maka seseorang bisa menjadi lebih baik bahkan dengan motivasi seseorang akan mengubah diri mereka menjadi yang lebih baik. Saat Anda melihat dan mendengarkan motivator, bagaimana perasaan Anda?

Menjadi motivator memang bukan hal yang mudah, sepertinya kita melihat seorang motivator yang berbicara dan memberikan nasehat pada Anda, mereka seperti mudah menuturkan bagaimana pemecahan masalah. Namun, menjadi motivator itu harus bisa membuat orang lain merasa termotivasi.

Sebenarnya apa tujuan Anda ketika memotivasi orang? Mendapatkan uang kah? Mencari ketenaran?. Jika tujuan Anda memotivasi orang hanya untuk mengejar yang seperti diatas atau sejenisnya, lebih baik tidak usah memotivasi. Tujuan sebenarnya ketika Anda/saya memotivasi orang hanya satu, yaitu “Bagaimana caranya agar orang ini (orang yang kita motivasi) dapat bangkit dari kehidupan lamanya menjadi kehidupan baru yang penuh harapan dan kesempatan untuk menjadi sukses.” .

Kalau dilihat dari segi keuntungan, ada 2 sisi keuntungan itu. yaitu :

1. Keuntungan dari segi Jasmani
» Identik dengan materi, ketenaran, kesenangan semata

2. Keuntungan dari segi Rohaniah
» Identik dengan rohani/jiwa kita (segi iman kita kepada Tuhan, bahwa kita sebagai manusia harus saling tolong-menolong, Anda akan merasakan kesenangan tersendiri ketika memotivasi orang tsb, apalagi orang itu jadi sukses.)

Siapapun sebenarnya bisa menjadi seorang motivator, bahkan wanita pun sangat besar peluangnya untuk menjadi motivator sukses. Untuk menjadi motivator, Anda harus memiliki berbagai persyaratan, motivator tidak boleh takut dengan apapun, tidak boleh cengeng dan putus asa. Pada hakikatnya Anda akan menjadi panutan bagi orang lain yang Anda motivasi tersebut.

Menjadi motivator memang hal yang cukup menjanjikan, Untuk menjadi motivator sukses, berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan:

1. Percaya diri
Sudahkah Anda memiliki kepercayaan diri, apakah sudah cukup besar kepercayaan diri Anda? Percaya diri wajib dimiliki oleh seorang motivator, percaya diri tersebut sangat diperlukan karena nantinya Anda akan berhadapan dengan banyak orang. Anda akan menjadi pusat perhatian sehingga dengan kepercayaan diri yang tinggi, orang lain akan terpengaruh dengan apa yang Anda katakan.

2. Belajar memotivasi diri sendiri
Jangan terburu-buru untuk memotivasi orang lain, sebelum menjadi seorang motivator, belajarlah untuk memotivasi diri Anda sendiri. Jika diri sendiri belum bisa dimotivasi, jangan memotivasi orang lain. Memotivasi diri sendiri bukanlah hal yang sulit asalkan Anda melakukannya dengan rutin.

3. Gaji kemampuan dan terus belajar
Gali kemampuan Anda untuk memotivasi orang lain dan diri Anda sendiri, Anda bisa membaca buku-buku motivasi dan juga mengikuti pelatihan menjadi seorang motivator. Belajarlah dari motivator yang sudah berpengalaman. Jangan putus untuk belajar motivasi sekalipun Anda sudah banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu untuk menjadi motivator.

4. Kendalikan emosi Anda
Jadi motivator harus bisa mengendalikan emosi, jika Anda emosional maka orang lain akan malas mendengarkan motivasi Anda. Seorang motivator harus bisa mengendalikan emosinya dengan baik, sekalipun dalam keadaan yang cukup membuat Anda emosional dan ingin marah besar.

5. Jadilah pendengar yang baik
Motivator harus bisa mendengarkan keluhan dan permasalahan orang lain, menjadi pendengar yang baik bisa membuat Anda menjadi lebih disegani dan bisa membantu permasalahan mereka.

6. Kreatif
Jangan meniru motivator lainnya dalam memberikan motivas kepada orang lain. Jadilah motivator yang kreatif dengan menciptakan cara memotivasi orang yang berbeda dari motivator lainnya. Dengan keratifitas tersebut orang lain akan senang mendengarkan motivasi dari Anda.

Menjadi motivator terkenal adalah cita-cita yang bisa dicapai seiring dengan berjalannya waktu. Mulailah dari lingkup yang kecil dan dengan peningkatan kualitas, maka seorang motivator akan masuk ke dalam lingkup yang lebih besar yang akan membawa nama mereka menjadi jauh lebih populer.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s