Cara Sukses Meraih Kebebasan Finansial

Irwansolution.com – Banyak yang salah kaprah tentang kebebasan finansial. Ada yang berpikir bahwa kebebasan finansial terjadi apabila seseorang memiliki uang yang banyak. Meskipun uang berpengaruh, kebebasan finansial sesungguhnya adalah ketika seseorang tidak lagi merasa dikejar-kejar untuk mengumpulkan uang.

Jadi, belum tentu orang yang sangat kaya merasakan kebebasan finansial. Bisa jadi, dia malah merasa tekanan untuk terus mengumpulkan uang untuk mempertahankan gaya hidupnya.

Lalu, apakah kebebasan finansial yang sesungguhnya? Kebebasan finansial adalah ketika Anda tahu bahwa uang yang Anda miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Dan ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk mencapai ini:

Kontrol Pengeluaran

Kita hidup di zaman dimana manusia sangat konsumtif. Tantangan yang besar untuk mengendalikan pengeluaran pada zaman konsumtif sekarang tetapi Anda wajib untuk belajar mengendalikan pengeluaran Anda. Kebiasan Anda untuk mengatur pengeluaran sangat berpengaruh terhadap neraca keuangan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berpikir berulang kali sebelum menghabiskan uang Anda. Pada awalnya, Anda akan merasa cukup berat tetapi lama – lama Anda akan terbiasa mengendalikan pengeluaran yang pada akhirnya berdampak positif pada mimpi kebebasan finansial Anda.

Menyiapkan Anggaran

Membuat anggaran dan menghabiskan sesuai anggaran sangat penting untuk mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang. Anggaran akan memberikan Anda batasan dalam mengelola pendapatan dan mengontrol pengeluaran Anda. Apabila Anda ingin mengontrol neraca keuangan Anda maka anggaran adalah alat untuk mencapai tujuan Anda.

Bayarlah Diri Anda Sendiri

Maksud dari pernyataan diatas adalah Anda perlu menabung sebagian uang. Tujuan dari menabung disini adalah untuk membuat Anda semakin kaya dan mencegah Anda menjadi lebih miskin. Lebih baik Anda menabung daripada Anda sibuk membayar cicilan kartu kredit atau cicilan pinjaman lainnya. Hanya dengan menabung sekarang, Anda bisa berinvestasi di masa yang akan datang.

Jangan Pernah Berutang

Utang adalah salah satu alasan kekhawatiran orang terhadap kegagalan neraca keuangan. Utang akan menggerogoti impian Anda. Berusahalah untuk bebas dari utang dan berusahalah untuk berkomitmen untuk hidup tanpa utang. Bebas utang merupakan salah satu syarat apabila Anda ingin mencapai kebebasan finansial.

Sediakan Dana Darurat

Dana darurat disini artinya uang yang cukup digunakan untuk menjalani hidup selama 3 bulan. Tujuan dari dana darurat yaitu untuk memastikan Anda tidak berhutang ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Dengan adanya dana darurat, Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Cara terbaik untuk menyediakan dana darurat adalah membuka sebuah rekening baru dan mulailah menabung untuk menyimpan dana darurat.

Sederhanakan hidup Anda

Dunia semakin rumit dari hari ke hari dengan berbagai desakan untuk mendapatkan uang sebanyak – banyaknya. Kebutuhan akan uang akan mengganggu hidup Anda sehingga pada akhirnya Anda kehilangan semangat dan jatuh dalam kemiskinan. Oleh karena itu, Anda perlu menyederhanakan hidup Anda dengan berpikirlah terbuka dan hilangkanlah berbagai hambatan dalam pikiran Anda.

Network Marketing

Network marketing membutuhkan biaya yang kecil untuk memulainya berbeda dengan bisnis yang membutuhkan investasi yang besar. Anda perlu menginvestasikan banyak uang dan waktu untuk membuat bisnis baru. Anda bisa memulai dengan network marekting untuk melatih kemampuan bisnis dan dasar langkah Anda untuk berpindah dari karyawan biasa menjadi pengusaha besar. Network marketing adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial. Network marketing akan terus memberikan Anda pendapatan meskipun Anda sedang tidur atau berkeliling dunia. Contoh network marketing itu seperti bisnis MLM atau bisnis refereal online.

Kunci dari kebebasan finansial sangat mudah yaitu dengan mengubah pendapatan tetap Anda menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio. Dengan prinsip ini, Anda akan mudah untuk mencapai kebebasan finansial. Mensederhanakan pola hidup akan mendukung rencanan kebebasan finansial Anda.

Referensi : Buku Robert T. Kyosaki

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s