Solusi Mengatasi Demam Panggung

Irwansolution.com – Untuk tampil berbicara di depan semua orang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun bukan berarti orang yang pandai berbicara di depan umum adalah orang berbakat. Kebolehan berbicara di depan umum sebenarnya dapat dilatih. Salah satu hal yang menyebabkan kita tak berani tampil dan berbicara di depan umum karena dipengaruhi oleh beberapa faktor misal Anda merasa Mider, grogi ataukah Anda merasa kurang PD (percaya diri).

Apakah Anda pernah mengalami ketakutan yang luar biasa ketika diatas panggung atau dimanapun Anda berada dalam mempresentasikan atau menghadapi orang yang Anda takuti? Bahkan Anda sampai bercucuran keringat, bolak-balik ke kamar mandikarena keadaan seperti ini? Jika Anda mengalami hal yang seperti ini, berarti Anda bisa dikatakan dengan demam panggung.

Demam panggung adalah kekhawatiran, ketakutan, atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Bentuk ketakutan ini dapat mendahului atau menyertai penampilan di depan umum.

Merasa takut dan malu berbicara di depan umum kadang dikenal dengan istilah demam panggung. Walaupun konteksnya tak hanya kala berbicara di atas panggung saja, menghindar untuk naik di atas podium serta berbicara dengan banyak orang bukanlah sebuah solusi. Akan tetapi yang harus kita kerjakan adalah melatih diri supaya dapat mengontrol perrasaan takut saat tampil/berbicara di depan umum.

Demam panggung atau biasa diidentikkan dengan perasaan grogi, takut, nervous bila berdiri atau membacakan sebuah presentasi di hadapan orang banyak memang banyak diidap oleh orang Indonesia kebanyakan. Dikarenakan pola pendidikan di Indonesia, dahulunya lebih banyak menerapkan Teaching Learning, dimana guru yang lebih banyak menjelaskan segala sesuatu tanpa melibatkan murid sebagai sasaran didiknya. Sehingga anak murid cuma duduk, mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru tersebut. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tidak bisa untuk mengeluarkan pendapatnya (latihan berbicara) apalagi untuk berbicara dihadapan banyak orang.

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Publik

Apabila Anda termasuk dalam tipe orang yang seperti yang telah dijelaskan diatas, kiranya jangan merasa cemas karena kami menyediakan tips supaya hal demikian bisa Anda atasi, kali ini irwansolution akan membahas solusi mengatasi demam panggung, simak ulasannya berikut ini:

1. Berdoa
Berdoa adalah salah satu bentuk permohonan/meminta pertolongan kepada Sang Pencipta, supaya segala sesuatu dapat di mudahkan kala tampil di berpidato di depan umum, Saya kira bukan dalam hal berpidato saja akan tetapi segala sesuatu yang hendak kita kerjakan haruslah diawali dengan cara berdoa, supaya kita mendapat perlindungan dari sang Pencipta.

2. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri yang Kuat
Yakinkan diri anda bahwa Anda pasti dapat melakukannya. tanamkan dalam benak anda bahwa tampil di depan umum adalah hal yang begitu mudah. Buang jauh-jauh rasa minder pada diri Anda. Tanamkan pada diri Anda rasa percaya diri yang kuat supaya berani berpidato di atas panggung. Dengan rasa percaya diri dan keberanian yang kita tanamkan, maka hal ini akan mampu mengalahkan rasa takut yang selalu menghantui pikiran.

3. Jangan Pernah Takut Salah
Kadang kala seseorang merasa stress sehingga mengalami demam panggung akibat merasa takut gagal dalam saat harus tampil didepan orang banyak. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan menghilangkan pikiran bahwa anda harus sukses. Yakinkan dalam hati Anda bahwa anda benar sudah siap.

4. Hilangkan Pikiran Negatif
Hilangkanlah pikiran-pikiran negatif yang bisa mempengaruhi, sehingga pikiran tersebut menjadikan Anda merasa takut untuk tampil dihadapan orang banyak.

5. Persiapkan Materi yang Dibawakan
Berbicara di hadapan orang banyak sebenarnya sama saja jika kita bercakap-cakap dengan teman. Hanya saja yang membedakan hal demikian dilakukan secara formal di di hadapan khalayak ramai. Sebaiknya anda harus menguasai materi yang hendak kita paparkan supaya tak akan terjadi demam panggung.

6. Pahami Situasi dan Kondisi Audience
Penonton adalah faktor utama peyebebab seseorang mengalami demam panggung. Nah sebaiknya kenalilah karakter dan karakter penonton yang ada dalam acara dan sebaiknya sesuaikan dengan hal yang hendak kita sampaikan atau hal lain yang nantinya akan anda sampaikan. Jika Audience berasal dari kalangan orang-orang yang berpedidikan tinggi, gunakanlah gaya bahasa formal demi menciptakan perasaan bangga.

7. Jadikan Diri Anda Lebih Tau dari Pendengar
Anggaplah bahwa kira lebih tahu daripada Audience hal demikian adalah salah satu upaya yang dianggap efektif untuk menghindari pikiran-pikiaran lain yang bisa mengganggu sehingga menjadikan kita merasa cemas. Kala berpidato dihadapan orang banyak, yakinkan pada diri anda bahwa adalah seorang penguasa di tempat itu. Andalah orang yang lebih tahu ketimbang orang yang ada di depan Anda. Dengan menerapkan hal ini bahwa kita lebih pintar dan cerdas daripada audience hal ini dapat menjadikan kita lebih leluasa dan merasa nyaman berpidato.

8. Lakukan Percobaan
Walaupun sebelumnya kita sudah menerapkan beberapa tips supaya tidak demam panggung tapi kadang kala pada saat acara sedang berlangsung rasa takut akan muncul saat menanti giliran tampil. Untuk mengatasi demikian minumlah segelas air putih sebelum naik pangung serta tarik nafas dalam-dalam. Tips jika berada pas berada di atas panggung/depan umum tubuh anda gemetaran maka peganglah sesuatu. Misal memengang benda yang tak bergerak stand mic atau meja podium hal ini dapat menyamarkan getaran.

Tumbuhkan rasa percaya diri yang kuat merupakan kunci dalam mengatasi demam panggung. Selamat Mencoba.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s