Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Irwansolution.com – Sering kita jumpai didalam kehidupan sehari-hari beberapa orang yang mengalami stres, baik dalam kehidupan sosial maupun dilingkungan kerja. Pekerjaan yang terlalu sulit serta keadaan sekitar yang monoton juga akan dapat menyebabkan stres dalam bekerja di beberapa Perusahaan.

Masalah Stres kerja di dalam kehidupan organisasi perusahaan menjadi gejala yang penting diamati sejak mulai timbulnya tuntutan untuk efisien di dalam pekerjaan. Akibat adanya stres kerja tersebut yaitu orang menjadi nervous, merasakan kecemasan yang kronis, peningkatan ketegangan pada emosi, proses beriikir dan kondisi fisik individu.

Penyebab stres di kantor bisa berbeda-beda. Ada yang akibat menunda pekerjaan, persaingan ketat sesama teman kerja, konflik dengan atasan, bertengkar dengan teman kerja, merasa demotivasi, atau bosan menjadi karyawan namun takut keluar dari pekerjaan sekarang.

Beberapa tekanan pekerjaan dapat begitu mempengaruhi kesehatan mental seseorang bahkan sampai melihat seorang pengangguran tampak lebih baik kehidupannya. Berdasarkan penelitian terbaru, orang-orang dalam pekerjaan yang buruk atau dengan definisi sebagai ketidaknyamanan pekerjaan dengan tuntutan yang sangat tinggi atau beban kerja yang berat, sedikit kontrol atas beban kerja dan gaji yang tidak sesuai akan memiliki kualitas kesehatan mental yang sama atau lebih buruk daripada individu yang menganggur.

Namun jika sementara ini anda mungkin merasakan hal tersebut, ada cara yang dapat anda lakukan untuk memberdayakan diri dan mengubah situasi pekerjaan anda menjadi lebih baik. Simak ulasannya berikut ini:

1. Bersyukur

Cara pertama untuk mengatasi stres adalah bersyukur. Menurut psikolog Robert Emmons, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar. Dengan kata lain, pikiran Anda akan positif sehingga yakin bahwa ada jalan keluar dari masalah yang membuat Anda stres.

Bagaimana bentuk bersyukur tersebut? Bentuknya dapat berupa:

  • Anda menyadari bahwa stres tersebut biasa dalam pekerjaan karena akan membantu Anda dalam menangani pekerjaan ke depan
  • Mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Anda sedang diuji untuk menjadi pribadi yang lebih baik

2. Tertawa

Jika pekerjaan membuat Anda stres, tertawalah. Anda dapat memaksakan diri tertawa atau tertawa melihat video lucu di YouTube. Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak Anda. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.

Jika Anda punya ruangan sendiri, Anda akan nyaman tertawa karena tidak mengganggu orang lain. Bagaimana jika Anda tidak punya ruangan sendiri dan ingin tertawa? Anda bisa melakukannya di toilet. Lihat diri Anda di cermin, lalu tertawa. Awalnya Anda akan merasa janggal, namun jika sering dilakukan Anda akan terbiasa.

3. Mendengarkan musik

Cara lain menghilangkan stres di tempat kerja adalah dengan mendengarkan musik atau lagu favorit Anda. Pilihlah musik yang santai dan lembut. Selain itu, supaya tidak mengganggu rekan yang lain, pakai headset saat Anda mendengarkan lagu tersebut. Dengan mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan sedikit tenang dan rileks. Namun, harap ingat, jangan terlalu lama mendengarkan musik karena dapat saja atasan menegur Anda.

4. Beribadah

Jika Anda seorang muslim, Anda dapat menunaikan sholat untuk mengatasi stres. Sewaktu sujud, aliran darah ke otak meningkat sehingga otak mendapat suplai oksigen yang cukup. Selain itu, sholat juga akan membuat Anda berdoa kepada Allah SWT. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri karena Allah SWT akan memberikan pertolongan dalam mengatasi rasa stres yang sedang Anda hadapi.

5. Curhat kepada teman dekat

Anda punya teman dekat di kantor? Jika ya, Anda dapat curhat kepada dia tentang stres yang Anda alami. Dengan demikian, Anda tidak memendam masalah sendirian dan siapa tahu teman Anda tersebut bisa memberikan solusi akan stres Anda. Selain itu, dengan curhat kepada teman, Anda akan merasa beban sedikit terlepas dari pikiran Anda sekaligus mencegah berdiam diri yang biasa dimiliki penderita stres.

6. Istirahat sejenak

Stres dapat saja karena Anda terlalu capai bekerja. Oleh karena itu, lakukan istirahat sejenak dari tugas yang sedang dikerjakan. Anda dapat melakukannya dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi selama 5 menit.

Jika Anda lebih banyak duduk saat mengerjakan tugas kantor, berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Jika waktu makan siang telah tiba, pergilah ke kantin untuk makan siang. Fokuslah makan (jangan pikirkan pekerjaan dulu) sehingga makan siang Anda terasa nikmat.

Menghilangkan stres di tempat kerja tidak serumit yang dibayangkan. Dari beberapa point diatas semoga dapat membantu Anda menemukan penyebab stress di tempat kerja dan menemukan solusi untuk masalah tersebut.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s