Solusi Memasarkan Produk Baru yang Belum Dikenal

Irwansolution.com – Dalam dunia usaha/bisnis pemasaran atau marketing yang lebih dikenal dengan kata “promosi” merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Karena nyawa dari sebuah usaha/bisnis adalah pemasaran (promosi). Promosi merupakan proses komunikasi terpadu yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai produk baru Anda. Bisa dikatakan, strategi pemasaran marketing yg efektif merupakan kunci berhasilnya penjualan suatu produk. Akan tetapi kualitas produk juga tetap perlu diutamakan.

Dalam memasarkan produk baru yang belum dikenal memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal masyarakat luas. Tak jarang kalangan pengusaha harus mencoba berbagai macam cara memasarkan produk baru dengan biaya pemasaran yang cukup besar, agar produk barunya bisa diterima oleh pasar.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi si pengusaha. Selain harus mencari cara untuk menarik minat konsumen, mereka juga harus mampu menghadapi persaingan pasar dari pemain lainnya yang terlebih dulu telah memasarkan produk serupa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk cara memasarkan produk yang belum dikenal konsumen pada produk baru Anda, antara lain:

1. Lakukan Riset Pasar
Cara memasarkan produk yang belum dikenal konsumen, maka strategi pemasaran produk baru yang pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan “Riset Pasar” terlebih dahulu. Untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar terhadap sebuah produk, maka Kita harus melakukan riset pasar. Jika hasil penelitian menunjukan hasil yang cukup positif, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasarkan produk baru tersebut. Namun bila riset pasar menunjukan kurangnya minat dari konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi terhadap produk baru Anda. Jika memungkin, buat produk baru Anda menjadi unik dan berkwalitas. Sehingga produk baru Anda mudah diterima oleh pasar.

2. Lakukan Promosi yang Efektif
Kegiatan promosi ini adalah hal yang sangat penting untuk mengenalkan produk baru bagi konsumen. Dalam melakukan promosi, setidaknya Anda harus perhatikan faktor pendukung seperti : alat media yang dipakai untuk promosi, target produk baru Anda, lokasi promosi Anda, dll. Hal ini dimaksudkan, agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain : menawarkan harga yang bersaing, memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk, memilih lokasi usaha yang strategis, memberikan kualitas produk.

3. Utamakan Kualitas Pelayanan
Tips strategi selanjutnya, cara memasarkan produk baru yang belum dikenal dengan melakukan “Pelayanan extra”, hal ini tidak kalah penting dengan riset pasar dan promosi. Maka layani konsumen Anda dengan baik. Sebab, konsumen yang mendapatkan pelayanan yang baik dari Anda, akan menjadi pelanggan setia Anda. Sikap ramah tamah Anda kepada konsumen merupakan salah satu contoh strategi pemasaran produk baru. Dan memberikan kemudahan pembayaran kepada konsumen juga merupakan pelayanan yang baik. Jika perlu, beri konsumen Anda diskon atau bonus. “Layanan baik adalah juga hubungan baik”. Hubungan baik harus Anda jaga terus dengan konsumen.

Itulah beberapa tips dan strategi untuk memasarkan produk baru. Strategi pemasaran bagi produk baru, juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk. Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Semoga bisa bermanfaat.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s