Kenali Potensi Bisnis Waralaba dan Cara Memulainya

Irwansolution.com – Usaha waralaba merupakan jenis usaha yang mana termasuk usaha bersama, dimana pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik waralaba sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan. Bisnis waralaba sendiri dapat di mulai dengan modal yang kecil namun dengan keuntungan yang besar.

Usaha ini sangat cocok di jalankan oleh pemula mengingat usaha ini di jalankan bersama, bahkan kita akan mendapat pelatihan saat menjalankannya. Nah, bagi anda yang ingin memulai usasa waralaba alangkah baiknya jika membaca tips sukses memulai usaha waralaba berikut ini.

Kian harinya, usaha waralaba di masing-masing daerah semakin berkembang. Banyak para pelaku bisnis memutuskan untuk mewaralaba kan usaha nya untuk lebih mengembangkan bisnisnya. Tak heran maka usaha waralaba ini akan lebih menjadi trend bisnis kedepannya.

Bagi pengusaha yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum memutuskan menjalankan usaha waralaba.

Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal itu menurut saya relatif dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha franchise biasanya berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil bisnis waralaba apa yang akan Anda pilih, ada baiknya disimak dulu bagaimana cara memulai bisnis waralaba yang tepat untuk Anda.

  • Pilih Waralaba Yang Mudah di Jalankan – Hal pertama yang wajib anda lakukan ialah mencari usaha waralaba yang mudah untuk di geluti, karena sebagai pemula memulai suatu hal harus dari yang mudah dulu baru bisa menjalankan yang rumit. Usaha waralaba yang mudah ialah usaha waralaba yang tidak terlalu menyita waktu dan pikiran, pastikan waralaba tersebut bersifat mudah dan praktis untuk di jalankan.
  • Pilih Waralaba dengan Harga Produk Terjangkau – Faktor harga cukup penting dalam sebuah bisnis, harga yang terjangkau dengan kualitas prima tentunya menjadi primadona di mata konsumen. Nah, anda harus mencari usaha waralaba yang mana produknya cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan.
  • Pilih Waralaba Yang Banyak di Cari Konsumen – Jika suatu jenis produk atau barang di sukai banyak orang, tentunya hal tersebut cukup bagus untuk berbisnis. Usaha waralaba yang paling di cari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner, hampir di setiap sudut kota pasti ada saja usaha kuliner ini, bagi anda yang tertarik dengan waralaba kuliner baca saja Contoh Bisnis Waralaba Kuliner Usaha Modal Kecil. Untuk mengetahui apakah usaha waralaba tersebut banyak di cari konsumen, anda harus melakukan survei atau pengamatan dengan cara melihat langsung usaha waralaba yang akan anda jalankan.
  • Pilih Waralaba Dengan Pelayanan Yang Baik – Bergabung dengan merk dagang harus pintar-pintar, anda harus bergabung dengan pemilik waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk atau barang, pelayanan atau informasi kepada anda, pelatihan atau kursus dan lain sabagainya yang masih berkaitan dengan usaha waralaba.
  • Pilih Waralaba Yang Dekat Dengan Rumah Anda – Saat ini usaha waralaba memang memiliki banyak sekali jaringan, sehingga tak heran apabila lokasi merk dagang tersebut berada di wilayah A namun kita menjalankannya di wilayah Z, namun sebagai pemula alangkah baiknya jika anda bergabung dengan usaha waralaba yang ada di sekitar rumah anda, paling tidak masih se kabupaten. Hal tersebut akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi tentang usaha tersebut, selain itu dengan lokasi yang dekat usaha waralaba akan jauh lebih mudah untuk di jalankan.

Nah, setelah Anda sudah mempunyai list waralaba yang sesuai dengan kriteria diatas, kali ini saya akan coba rekomendasikan bisnis waralaba yang mungkin tepat untuk Anda.

1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya. Dan menjalankan usaha franchise makanan/ minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut.

Ada banyak usaha waralaba makanan & minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

2. Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah.

Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih usaha waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini. Untuk bisnis ini, lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis jasa laundry.

3. Bisnis Franchise Di Bidang Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.
Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

4. Usaha Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

5. Bisnis Franchise di Bidang Retail

Secara singkat bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/ keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakan dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

Dari beberapa jenis waralaba yang sudah disebutkan di atas, tentunya Anda punya pilihan sendiri waralaba apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan finansial Anda. Saran saya, jangan tergiur dengna harga waralaba, pilihlah waralaba yang sudah mempunyai nama.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s