Ide Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan

Irwansolution.com – Usaha makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak pernah ada matinya, karena makanan merupakan kebutuhan pkok kita sebagai manusia. Beraneka jenis makanan baik tradisional maupun modern terus di jajakan setiap hari entah itu di pinggir jalan, taman, pasar, supermarket, restoran dan tempat lainnya. Saat ini seiring berkembangnya dunia teknologi bisnis kuliner mulai memasuki pangsa pasar online.

Banyak alasan mengapa pasar online lebih dilirik oleh para pelaku bisnis kuliner saat ini, karena maklum saja, seiring dengan kesibukan dan keterbatasan waktu, orang pun memilih berbelanja secara online sehingga dapat menerima barang dengan mudah tanpa keluar rumah.

Alasan lainnya, mereka mulai mencari kuliner yang lebih bervariasi, dan hal tersebut dapat dicari dari pembelian secara online, yang memungkinkan pembeli memperoleh barang dari tempat yang cukup jauh atau luar kota sekalipun. Sebetulnya tidak sulit untuk membuat sebuah usaha bisnis kuliner online asalkan Anda mengetahui tips dan triknya. Berikut ini adalah tips dan trik untuk sukses dalam usaha ini :

  1. Perhatikan produk yang akan dibuat –Langkah pertama adalah memperhatikan produk yang akan dibuat atau dipasarkan, apakah produk mentah, setengah matang atau sudah matang. Perhatikan juga apakah produk tersebut termasuk ke dalam produk kering atau basah. Hal-hal seperti ini harus Anda ketahui secara detail, karena ini ada hubungannya dengan pengemasan barang dan juga cara pengiriman barang.
  2. Perhatikan batas kadaluarsa produk tersebut – Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah batas kadaluarsa dari produk tersebut, jika produk Anda adalah produk makanan mentah dan juga basah, maka sudah pasti batas kadaluarsanya pun cukup sebentar. Atau jika tidak kadaluarsa, apabila dibiarkan dalam suhu ruangan terlalu lama dikhawatirkan akan mempengaruhi rasa dan juga kualitas dari produk makanan tersebut. Berbeda halnya jika Anda menjual produk makanan olahan kering, atau menjual produk camilan kering, sudah barang tentu batas kadalaursanya pun cukup lama.
  3. Perhatikan lama pengiriman – Apabila Anda memasarkan secara online, sebaiknya perhatikan lama pengiriman dari produk tersebut. Ketika Anda menjual produk olahan makanan yang cepat basi, seperti makanan yang dijual dalam kondisi basah, makanan mentah yang dijual dalam kondisi basah, dll, sebaiknya dijual secara lokal, dan langsung diantarkan ke alamat yang dituju. Dengan harapan kualitas produk masih baik. Produk makanan seperti ini sebaiknya tidak diantarkan ke luar kota, karena dikhawatirkan kualitas makanan tidak akan terjaga dengan baik, selama perjalanan.
  4. Bagaimana cara mempromosikannya – Berikutnya dan pang paling penting adalah bagaimana cara memasarkan produk yang ada tersebut. Saat ini Anda tidak perlu merasa khawatir untuk memasarkan produk kuliner yang Anda buat, Anda dapat menggunakan berbagai macam sosial media, atau bahkan membuat sendiri blog atau bahkan web yang menjelaskan tentang produk kuliner Anda. Cara ini akan jauh lebih efisien dan lebih cepat, sehingga orang akan lebih cepat mengenal produk yang sedang Anda buat.
  5. Terus membuat inovasi baru – Terus buat berbagai macam inovasi menarik, hal ini akan membuat para konsumen semakin tertarik akan produk yang Anda buat. Berikan informasi menarik namun tidak mengada-ada, dengan demikian para konsumen akan merasa nyaman dan percaya akan produk yang Anda buat.

Rekomendasi Bisnis Kuliner yang Wajib Dicoba

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, sekarang kita akan bahas bisnis kuliner apa saja yang cocok untuk dijalankan saat ini :

a. Aneka kue

Produk kue selalu menarik minat berbagai kalangan dan usia, tidak peduli anak-anak ataupun orang dewasa, banyak yang menyukai makanan ini. Makanan ini sering dihidangkan dalam berbagai kegiatan, mulai dari hanya sebagai camilan hingga kudapan pelengkap suatu acara.

Anda dapat menyajikan berbagai macam jenis kue dan juga menyajikan tren-tren kue terbaru. Jangan lupa untuk mengemasnya secara menarik karena sangat membantu untuk menunjang penjualan.

b. Frozen food

Frozen food adalah produk hasil olahan bahan makanan yang sudah dibekukan. Produk yang diolah antara lain ikan, daging, ataupun sayuran.

Produk ini cukup banyak digunakan di rumah tangga ataupun untuk memasak dalam berbagai kegiatan lainnya. Tentu saja, dalam proses pengiriman, Anda harus memperhitungkan pengemasan agar dapat sampai ke tangan pembeli dengan kondisi yang masih segar.

c. Masakan rumahan

Banyaknya aneka makanan yang dijual oleh berbagai restoran dengan jenis beragam, mulai dari makanan lokal hingga mancanegara, terkadang membuat masyarakat bosan dan ingin merasakan makanan rumahan yang khas dan sederhana.

Untuk itu, bagi Anda yang merasa mempunyai keahlian dalam memasak makanan rumahan, tak ada salahnya untuk mencoba memasarkan hasil kreasi Anda.

Biasanya jenis makanan ini cukup menarik bagi orang yang mencari katering untuk kebutuhan makanan sehari-hari mereka. Bila harus selalu membeli dari restoran, tentu hal tersebut akan menjadi pemborosan, di samping juga membosankan. Dalam hal ini, masakan rumahan dapat menjadi pilihan.

d. Makanan ringan

Makanan ringan mempunyai pasar yang cukup besar karena meskipun bukan makanan pokok, banyak orang yang memiliki kebiasaan ngemil, dan hal tersebut menjadi potensi besar bagi produk ini.

Bila Anda dapat membuat makanan ringan yang khas, maka perluaslah target pasar dengan menjadikan makanan ringan tersebut sebagai oleh-oleh yang dapat dibeli oleh wisatawan untuk diberikan kepada sanak saudara dan teman mereka.

Untuk itu, Anda perlu memiliki merek yang unik agar mudah diingat, dan juga kualitas yang terjamin.

e. Minuman

Produk kuliner lain yang tak dapat dilupakan adalah minuman. Tentu, makanan akan lebih lengkap bila ditemani oleh minuman yang sesuai. Bukan itu saja, kondisi suhu di Indonesia yang panas juga membuat orang banyak mencari minuman segar untuk menemani aktivitas keseharian mereka.

Minuman yang cukup populer di Indonesia adalah teh, kopi, jus, dan aneka variasinya. Anda dapat menjualnya dengan merek dan kemasan yang menarik serta higienis untuk menarik konsumen.

Apa pun jenis kuliner yang Anda pilih, penting untuk tetap memperhatikan kualitas, pengemasan, hingga pelayanan bagi konsumen sehingga produk dapat mereka terima dengan kondisi baik dan mempunyai pengalaman dan kesan yang positif pula mengenai produk Anda.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s