Pentingnya Manajemen Waktu dan Peranannya dalam Kehidupan

Irwansolution.com – Manajemen waktu adalah usaha untuk memanfaatkan setiap bagian dari waktu untuk dilakukan aktivitas tertentu yang mana telah ditentukan target dalam jangka waktu tertentu suatu aktifitas atau pekerjaan harus sudah diselesaikan. Memang terasa akan sulit sekali untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan, namun jika kita ingin hasil yang maksimal hal itu harus dilakukan setidaknya jika kita belum mampu 100 % sesuai target kita berupaya semaksimal mungkin itu lebih baik.

Manajemen waktu yang efektif merupakan sarana untuk menjauhkan penyakit stress di dalam kehidupan,dan sayangnya praktik manajemen waktu adalah sebuah pekerjaan yang paling sulit untuk diterapkan di dalam hidup kita.

Manajemen waktu yang baik adalah dengan membuat data aktifitas atau pekerjaan dan menentukan skala prioritas dari setiap pekerjaan tersebut. Disini perlu kita tahu bahwa setiap pekerjaan pastilah penting namun dari daftar pekerjaan penting itu ada yang lebih penting yaitu pekerjaan yang mendesak atau genting dan biasanya berhubungan dengan deadline. Letakkanlah aktifitas yang genting pada daftar yang paling atas untuk segera dikerjakan baru diikuti dengan daftar urutan pekerjaan lain yang kurang prioritasnya.

Lalu Bagaimana anda mendapatkan hasil maksimal dan dapat mengendalikan kehidupan anda. Inti dia beberapa tips yang baik untuk manajemen waktu Anda

  • Rencanakan Setiap Hari,Setiap hari buatlah daftar list dan menempatkan tugas yang paling penting atau pekerjaan hari ini.
  • Prioritaskan,dengan memprioritaskan tugas akan memastikan bahwa anda sudah menghabiskan waktu dan energi secara benar.
  • Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai aktivitas Anda sebelum Anda selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam hari Anda adalah saat dimana Anda merencanakannya.
  • Memecah Proyek-proyek Besar.Jika anda memiliki proyek besar dan harus di selesaikan dengan waktu yang sedikit.katakanlah seminggu,memecahnya menjadi beberapa bagian kecil untuk dikerjakan setiap hari sampai selesai,ini akan membantu anda agar tidak kewalahan,menjaga pikiran anda gara tetap segar dan terfokus.
  • Hargai Waktu Anda, anggaplah anda seakan akan kehilangan banyak uang jika tidak memanfaakan waktu dengan baik.
  • Pisah antara berpikir (mencari solusi) dengan mengeksekusi solusi.
  • Jangan lupa untuk beristirahat sejenak diantara tugas-tugas Anda.

Ada tiga kelompok dalam memanfaatkan waktu:

TIPIKAL ORANG SUKSES

  1. Memiliki jadwal kegiatan yang terencana dengan baik.
  2. Mampu mengendalikan waktu yang dimilikinya (bukan sebaliknya).
  3. Memiliki waktu luang untuk belajar dan beristirahat yang cukup.
  4. Memiliki jiwa yang lebih tenang, mantap dan tegas.

TIPIKAL ORANG BIASA YANG SIBUK

  1. Memiliki jadwal kerja, tetapi sering jawal itu dilanggarnya.
  2. Dikendalikan atas waktu dan kelelahan atas habisnya waktu.
  3. Tampak sibuk, tertekan dan tidak adanya efektif atas hasil Kehidupan dalam rutinitas

TIPIKAL ORANG YANG RUGI

  1. Tidak memiliki jadwal dan tidak jelas
  2. Hidup dalam kesibukan tanpa prioritas
  3. Pesimis dalam harapan pencapaian
  4. Membuang waktu percuma dan tidak membuat esok menjadi lebih baik, karena dipenuhkan dengan keluhan dan penyalahan pihak lain

Manfaatkan waktu Anda dengan sebaik baiknya, karena manajemen waktu yang tepat merupakan salah satu bagian penting dalam mendukung kesuksesan Anda.

Salam,
Irwan Hernawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s